Tol Cijago Seksi II Dibuka Fungsional Selama Mudik, Gratis Loh

Tol Cijago Seksi II Dibuka Fungsional Selama Mudik, Gratis Loh (Foto: PUPR)

KabarOto.com - Tol Trans Jakarta yang tengah jadi primadona bagi para pemudik, dapat dikatakan cukup padat. Namun, kepadatan arus lalu lintas ini masih bisa ditaklukan, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun 2019, Kementerian PUPR membuka ruas tol fungsional loh.

Hal ini akan lebih terasa terutama untuk wilayah Jawa Barat, karena ruas tol Cinere - Jagorawi Seksi II (Raya Bogor - Kukusan) dapat dilalui fungsional. Jalan tol sepanjang 5,5 Km akan difungsikan mulai (03/06) pukul 14.00 WIB hingga 10 Juni pukul 14.00 WIB.

Tol Cijago Seksi II merupakan bagian Tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2), yang akan terhubung dengan ruas tol Cijago Seksi I (Jagorawi - Raya Bogor) sepanjang 3,7 Km. Selama Tol Cijago Seksi II dibuka fungsional, ada yang perlu diperhatikan nih Sob.

Baca Juga: Ini Beberapa Kendaraan Yang Wajib Diprioritaskan Di Jalan Raya

Bagi pemudik yang datang dari arah Jagorawi menuju ke arah Margonda dan Kukusan, transaksi pembayaran dilakukan di Gerbang Tol (GT) keluar (off ramp pay). Yaitu di GT Cisalak 1 dan GT Cisalak 3. Sedangkan arah sebaliknya dari arah Kukusan dan Margonda ke arah Jagorawi, transaksi di GT masuk yaitu GT Kukusan 1, GT Margonda, dan GT Cisalak 1 dan Cisalak 3.

Khusus untuk GT Cisalak 4 dan GT Margonda 3, yang melayani lalu lintas arah Raya Bogor menuju Kukusan, Margonda 1 (off ramp) dan GT Cisalak 3 (off ramp) tidak difungsikan. Hal ini dilakukan untuk memprioritaskan pelayanan lalu lintas jarak jauh. Sehingga pada Seksi Raya Bogor - Kukusan, belum dikenakan biaya alias gratis.

Foto: Antara

Untuk fasilitas keamanannya pemudik tidak perlu khawatir, karena Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR bersama PT. Translingkar Kita Jaya, sudah diberikan pelayanan maksimal pada ruas Cinere – Jagorawi Seksi II (Raya Bogor – Kukusan).

Seperti pemasangan marka jalan, rambu lalu lintas, reflektor jalan tol yang memadai, termasuk petugas yang berjaga selama jalan tol ini beroperasi secara fungsional. Bahkan sudah bekerja sama dengan Korlantas Polri guna semakin menambah keamanan dan kelancaran.

Baca Juga: Untuk Berikan Pelayanan Maksimal, Operator SPBU Juga Diperiksa Kesehatannya

Pembangunan Tol Cijago sepanjang 14,64 Km terbagi menjadi tiga seksi. Tol Cijago Seksi I dimuali dari interchage Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor, Seksi II dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, dan Seksi III Kukusan ke Cinere.

Apabila Seksi I dan Seksi II sudah tersambung dan beroperasi, dapat mempersingkat jarak dan waktu kendaraan dari Jagorawi menuju Kota Jakarta dan Depok. Bahkan nantinya jalan tol ini akan mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jalan Margonda, Jalan Juanda, kawasan Kukusan, dan Jalan Raya Bogor menuju Jagorawi.