POPULAR STORIES

Tol Ini Resmi Geser Predikat Cipali Jadi Tol Terpanjang Di Indonesia

Tol Ini Resmi Geser Predikat Cipali Jadi Tol Terpanjang di Indonesia Foto: Hutama Karya

KabarOto.com - Setelah diresmikan Presiden Jokowi pada Jum'at (8/3/2019), jalan tol Bakauheni - Terbanggi Besar menyandang predikat sebagai yang terpanjang di Indonesia.

Sebelumnya, gelar jalan bebas hambatan terpanjang dipegang Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang membentang 116,75 kilometer. Setelah peresmian, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sudah langsung beroperasi penuh, tetapi belum bertarif hingga satu bulan ke depan alias gratis.

“Beroperasi penuh, tapi akan dibebaskan dulu tarifnya untuk dua minggu atau satu bulan ke depan, sekaligus sebagai masa uji coba untuk masyarakat bisa menikmati ruas tolnya,” ujar Endra S Atmawidjaja, Kepala Biro Komunikasi Publik PUPR. Sementara dari informasi yang berhasil dihimpun, tarif yang diusulkan untuk tol ini sebesar Rp 840,- per kilometer.

Baca Juga: Menguji New Toyota Avanza 1.5G M/T Dari Cirebon Ke Semarang

Bila usulan tarif tersebut disetujui, akan diputuskan secara resmi melalui SK Menteri PUPR. Untuk diketahui, pekerjaan konstruksi Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dibagi menjadi empat paket. Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 39,4 kilometer sudah selesai dan beroperasi pada Januari 2018.

Adapun Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru (40,6 kilometer), Paket 3 Kotabaru-Metro (29 kilometer), dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar (31,93 kilometer) sudah rampung pekerjaan konstruksinya pada Desember 2018.