POPULAR STORIES

Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional Selama Libur Nataru, Berikut Jalurnya

Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional Selama Libur Nataru, Berikut Jalurnya Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional (NTMC Polri)

KabarOto - Terus melakukan antisipasi, ruas tol Solo-Jogja akan dibuka secara fungsional selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Dibuka dari Kartasura, Sukoharjo hingga exit tol Karanganom di wilayah Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Klaten, pemudik bisa memanfaatkan jalur ini.

Melihat hal ini, Polres Klaten siap melakukan pengamanan arus lalu lintas, khususnya ketika tol dioperasikan secara fungsional. Rencananya pihak kepolisian akan mendirikan pos pengamanan fungsional di exit tol Karanganom di Desa Kuncen.

Baca Juga : Jangan Terjebak Macet, Ini Prediksi Puncak Arus Mudik Saat Libur Nataru

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok mengatakan, sudah ada supervisi dari Ditlantas Polda Jateng. Dari supervisi tersebut, ada sejumlah poin penekanan yang akan dilaksanakan di sejumlah ruas jalan selama libur Nataru.

Salah satu poin yang diperhatikan ialah, pengamanan jalur keluar tol Solo-Jogja, yang dioperasikan fungsional selama libur Nataru dari Kartasura hingga Klaten. Pengoperasian tol secara fungsional, dilakukan untuk memecah arus lalu lintas dari gerbang tol Colomadu.

Terkait rencana pengoperasian tol Solo-Jogja secara fungsional saat libur Nataru, salah satu pos pengamanan Polres Klaten bakal ditempatkan di exit tol Karanganom wilayah Desa Kuncen.

Untuk teknis pengoperasian pos pengamanan itu, Kasatlantas menjelaskan bakal ada koordinasi lebih lanjut dengan pengelola tol serta dinas terkait.

Baca Juga : Libur Nataru, 107,63 Juta Orang Diprediksi Lakukan Perjalanan

Pihak Kepolisian sudah koordinasi pihak jalan tol dan Dishub. Ada jam berlakunya, dan mungkin akan ditentukan tanggalnya kapan dilaksanakan. "Nanti kami koordinasi dengan pihak tol kapan akan dilaksanakan satu arah ke arah Klaten dan kapan ke arah sebaliknya. Nanti akan kami sosialisasikan,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tol Solo-Jogja bakal kembali dibuka secara fungsional dari Kartasura sampai Klaten, saat libur Nataru mendatang. Ruas tol yang dibuka nanti bakal lebih panjang dibandingkan Lebaran 2023.

Pada Lebaran tahun lalu, tol Solo-Jogja dibuka fungsional sepanjang 6 km dari Ngasem sampai Kateguhan, Sawit, Boyolali. Sementara saat libur Nataru nanti tol dibuka sepanjang 13 km dari Kartasura hingga Karanganom, Klaten.