Tol Pandaan-Malang Dibuka, Surabaya-Malang Tidak Sampai Satu Jam

Tol Pandaan-Malang Dibuka, Surabaya-Malang Tidak Sampai Satu Jam PT JPM Berlakukan Fungsional Jalan Tol Pandaan-Malang Selama Libur Nataru

KabarOto.com - Libur natal dan tahun baru tentu tidak dilewatkan begitu saja oleh sebagian masyarakat speluruh dunia. Di Indonesia, perjalanan libur menyambut tahun baru semakin dipermudah oleh pemerintah. Sebelumnya sudah dikabarkan bahwa tol Trans Jawa sudah bisa digunakan untuk perjalanan natal dan tahun baru loh.

Nah, ternyata antusias masyarakat yang berkunjung ke daerah Malang dan sekitarnya juga sangat tinggi. Untuk mendukung lancarnya arus balik mudik libur akhir tahun, PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) telah memberlakukan fungsional jalan Tol Pandaan-Malang, mulai dari Seksi I-III yaitu Pandaan-Karanglo sepanjang 30 Km.

Kebijakan ini telah diberlakukan sejak 21 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019 mendatang, mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Terpantau jumlah kendaraan yang melintasi jalan tol Pandaan-Karanglo sejak 21-24 Desember mencapai 26.108 kendaraan.

tol

Beroperasinya jalan Tol Pandaan-Malang tentunya sangat mempercepat dan mempermudah perjalanan masyarakat yang melintas di daerah ini. Contohnya, pengguna jalan tol hanya butuh waktu tempuh Surabaya menuju Malang sekitar 50 menit saja, dibandingkan harus melewati jalan arteri atau non tol.

Baca Juga: Hore, Ini Daftar 7 Ruas Tol Trans Jawa Yang Gratis Saat Natal & Tahun Baru

Pengguna jalan harus melewati jalan non tol yang harus ditempuh 1,5 jam untuk hari biasa, dan 3-4 jam jika akhir pekan. Kebayang dong jalan tol Pandaan-Malang ini sangat berguna dan membantu mempercepat masyarakat sampai pada tujuannya.

Tentu tidak perlu khawatir jika ingin beristirahat ditengah perjalanan. PT JPM telah menyediakan layanan tempat istirahat di STA 27 berupa fasilitas mushola dan toilet. PT JPM juga bekerjasama dengan Pertamina untuk menyediakan BBM dalam bentuk kemasan di jalur fungsional ini.

Baca Juga: Arus Balik Libur Natal, Konsumsi Pertamax Dan Pertamina Dex Meningkat

Nah, karena pemberlakuan fungsional jalan tol ini masih baru, PT JPM menghimbau agar pengguna jalan selalu waspada dan berhati-hati. Kondisi jalan dan kelengkapan penunjangnya masih terbatas untuk memaksimalkan keselamatan pengguna jalan.

Tetap patuhi arahan dari petugas di lapangan serta rambu yang berlaku, termasuk batas maksimal kecepatan yang diperbolehkan. Yang tak kalah penting, kondisi tubuh dan kendaraan harus dalam kondisi yang baik. Disarankan untuk mengisi penuh bahan bakar kendaraan sebelum memulai perjalanan.