POPULAR STORIES

Tol Solo-Ngawi Resmi Beroperasi, Diklaim Mampu Kurangi Waktu Tempuh

Tol Solo-Ngawi Resmi Beroperasi, Diklaim Mampu Kurangi Waktu Tempuh Tol Solo-Ngawi (ist)

KabarOto.com - Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi, diresmikan langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Rabu (28/11/2018). Dengan diresmikannya Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 Km ini, maka Jalan Tol Solo-Ngawi dengan total panjang 90,43 Km sudah resmi beroperasi seutuhnya.

Presiden Jokowi menegaskan peresmian ini sebagai salah satu tanda Jalan Tol Trans Jawa akan tersambung di akhir 2018. "Ini artinya sebentar lagi dari Jakarta hingga Surabaya di akhir tahun ini Insya Allah sudah tersambung semuanya. Masih ada beberapa yang kurang, seperti Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo dan Wilangan-Kertosono yang ditargetkan selesai akhir Desember 2018," ungkapnya.

Baca Juga: Deretan Mobil Modifikasi Keren Di The Elite Show Case 2018

Lebih lanjut Jokowi menambahkan, dengan selesainya jalan tol dari Jakarta ke Surabaya ini, para Kepala Daerah bisa mengintegrasikannya dengan kawasan-kawasan industri, baik yang baru maupun lama. Begitu pula mengintegrasikannya dengan kawasan-kawasan wisata.

"Jangan sampai jalan tol ini berdiri sendiri sebagai jalan tol. Semuanya harus diintegrasikan sehingga manfaatnya betul-betul maksimal. Mobilitas orang, mobilitas barang, semuanya bisa melalui jalan tol ini, bisa berjalan dengan cepat," imbuhnya.

Peresmian Tol Solo-Ngawi

Senada dengan Presiden Jokowi, Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (PT JSN), David Wijayatno, berharap dengan Jalan Tol Solo-Ngawi yang telah beroperasi penuh ini dapat menjadi salah satu upaya dalam memecah masalah transportasi darat, turut mendukung distribusi logistik dan menciptakan konektivitas baru.

"Dengan beroperasi penuh, Jalan Tol Solo-Ngawi dapat memangkas waktu tempuh dari yang semula 3 jam dengan menggunakan jalur yang ada, sekarang dapat ditempuh hanya dalam waktu 1,5 jam. Selain itu diharapkan dapat membuka akses-akses wilayah sepanjang Sragen hingga Ngawi serta meningkatkan perekonomian daerah, salah satunya memberikan kemudahan akses ke destinasi pariwisata seperti Tawangmangu dan Sangiran," ujar David.

Baca Juga: Modifikasi Audio Lexus LX570: Tampil Standar Tapi Nendang

Jalan Tol Solo-Ngawi menerapkan cashless payment, sehingga pengguna jalan tol yang akan melakukan transaksi tol harus mempersiapkan uang elektronik dengan saldo yang cukup.

Tol ini akan menghubungkan beberapa daerah terutama Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur.