POPULAR STORIES

Tol Suramadu Menjadi Gratis, Ini Tanggapan Jasa Marga

Tol Suramadu Menjadi Gratis, Ini Tanggapan Jasa Marga Jembatan Suramadu (ist)

KabarOto.com - Jembatan Surabaya-Madura atau yang sering disebut dengan Suramadu, pada Sabtu (27/10/2018) resmi menjadi jembatan non tol. Sehingga dengan stasus baru ini, Suramadu tidak lagi menarik tarif kepada para pengemudi kendaraan bermotor yang melintas.

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani menyampaikan, pihaknya tak mempermasalahkan pembebasan tarif Jembatan Suramadu. Pasalnya, pendapatan dari transaksi di jembatan ini disetorkan ke kas negara, bukan ke Jasa Marga, karena anggaran pembangunannya berasal dari APBN.

Baca Juga: Sejarah Toyota Kijang Innova Di Indonesia

Jembatan Suramadu di malam hari

"Kami hanya mengoperasikan, menarik transaksi, menjaga lalu lintas, dan memelihara tolnya. Dengan ini sudah diresmikan, tugas kami sudah selesai. Tidak masalah, lega juga telah menyelesaikan tugas," kata Desi.

Seperti diketahui, jalan tol jembatan Suramadu diresmikan pemakaiannya sejak 10 Juni 2009. Jembatan Suramadu yang sebelumnya dioperasikan oleh PT Jasa Marga tersebut adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, dan menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya Timur Kamal), Indonesia.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Nissan-Datsun Per Oktober 2018

Dengan panjang 5.438 meter, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian, yaitu jalan layang (causeway) jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

Data Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol mencatat, rata-rata lalu lintas harian di Tol Jembatan Suramadu sebesar 19 ribu kendaraan per hari yang 86% didominasi oleh kendaraan golongan I.