POPULAR STORIES

Touring Navigate To The MAX : Tour De Borneo, Eksplorasi Wilayah Kalimantan Barat

Touring Navigate to The MAX : Tour de Borneo, Eksplorasi Wilayah Kalimantan Barat Foto: YIMM

KabarOto.com - Rangkaian touring yang diselenggarakan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT Aneka Makmur Sejahtera (AMS), kali ini memasuki wilayah Kalimantan Barat. Mengusung tema Navigate to The MAX : Tour de Borneo yang digelar mulai 15 September hingga 24 September, dengan rute Balikpapan, Penajam Paser Utara, Banjarmasin, Palangka Raya, Sampit, Lamandau, Pontianak dan Singkawang.

Hal menarik pada touring kali ini, rombongan Yamaha XMax Connected menyambangi tapal batas negara di Aruk, Kalimantan Barat (Kalbar). Juga melewati kota-kota yang tidak hanya banyak menyajikan spot destinasi wisata, namun kaya dengan akulturasi budaya Melayu, Dayak dan Tionghoa.

Baca juga: Navigate To The Max Jelajah Wilayah Sulawesi Selatan

Menjelajah mulai dari Kalimantan Tengah

Mengusung konsep yang tetap sama seperti touring sebelumnya, mengeksplorasi keindahan alam dan budaya di Kalimantan Barat dengan menggunakan Yamaha XMax Connected.

"Etape final ini lebih seru, mengunjungi budaya perpaduan masyarakat seperti Dayak dan Tionghoa di Singkawang dan Sambas. Sehingga banyak tersaji destinasi wisata menarik baik dari segi atraksi, landmark, maupun kuliner khas setempat," ujar Ardyanto, General Manager Sales PT Aneka Makmur Sejahtera (AMS) selaku Main Dealer Yamaha di wilayah Kalimantan Barat.

Ia juga menjelaskan pada etape ini tergolong spesial, berkunjung ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia-Malaysia di Aruk, dan kemudian di tutup dengan kopdar bersama di acara Maxi Yamaha Day 2023 area Kalbar.

Peserta touring Navigate to The MAX : Tour de Borneo terdiri dari awak media, konten kreator dan komunitas lokal dari kota Lamandau. Kemudian berkendara sejauh 500 km menuju kota Pontianak, dengan melalui kontur jalan menanjak, berkelok dan menurun yang membelah hutan serta perkebunan kelapa sawit.

"Jalur lintasan touring-nya benar-benar menguras tenaga, namun cukup seru. Menggunakan Yamaha XMax Connected memberikan sensasi berkendara yang berbeda, tenaga motor besar, handling enak dan stabil. Posisi duduknya juga nyaman banget, enggak gampang capek lah,” tambah Buyung Tanjung, salah satu peserta touring dari komunitas setempat.

Baca juga: Yamaha MT-07 Untuk Pasar Eropa Akan Dibuat Di Indonesia

Salah satu budaya Tionghoa yang dikunjungi peserta

Usai tiba di Pontianak, perjalanan dilanjutkan menuju tugu Khatulistiwa, kemudian menyisir pesisir pantai utara menuju kota Singkawang. Kota ini salah satu kota destinasi wisata di Kalbar. Beberapa spot destinasi turut dikunjungi seperti bangunan religi Masyarakat Tiongkok Thai Pak Kung, Bukit Pangeran, hingga kawasan pecinan Marga Chia yang berada di komplek Pasar Hongkong Singkawang.

Kemudian perjalanan menuju tapal batas Indonesia-Malaysia di Aruk, menjadi akhir perjalanan etape 3 yang mencapai total jarak tempuhnya adalah 832 km, dan menjadi jarak terjauh dari seluruh rangkaian etape touring Navigate to The MAX.