POPULAR STORIES

Toyota Aygo X Kini Ada Banyak Pilihan Warna

Toyota Aygo X Kini ada Banyak Pilihan Warna Foto: Toyota Eropa

KabarOto.com - Toyota Eropa memeriahkan segmen crossover mungil dengan menghadirkan all-new Toyota Aygo X. Bermain di A-segment, namun mengambil basis dari platform Toyota Global New Architecture (TNGA) GA-B yang secara global sukses digunakan oleh Toyota Yaris.

Yup, tentunya dimensinya lebih besar dari Toyota Aygo biasa, lebih panjang 235 mm menjadi 3.700 mm, lebarnya bertambah 125 mm menjadi 1.740 mm, dan tingginya naik 65 mm menjadi 1.525 mm. Jarak sumburoda juga bertambah 90 mm. Bagasi kini mampu sajikan ruang 231 liter, bahkan bila jok belakang dilipat rata bisa hadirkan 829 liter muat barang.

Baca juga: Toyota GR Corolla, Sudah Siap Dipinang!

Kerennya Aygo X bisa dipasangkan pelek berukuran 17 inci dan 18 inci, sesuai selera dan kebutuhan. Radius putar juga tetap sebagai mobil mungil, hanya 4,7 meter. Sistem kemudi memang sudah disesuaikan untuk kebutuhan perkotaan yang pergerakannya sempit. Transmisi juga dibuat ringkas, gunakan teknologi S-CVT.

Posisi duduk juga lebih tinggi 55 mm membuat pandangan ke jalan raya lebih luas dan mudah melakukan kontak mata dengan pengendara lain, terutama pejalan kaki dan pesepeda. Pilar A lebih tebah 10% dan sudutnya dibuat 24 derajat.

Karena menggunakan platform dari GA-B, tentunya suspensi disumbang dari Yaris yang tentunya lebih aman dan kontrol pengendalian bisa lebih presisi ketika bermanuver.

Tingkat ekonomis Aygo X juga telah dipertimbangkan oleh Toyota dengan menghadirkan mesin tipe 1KR-FE, tiga silinder berkapasitas 1.000 cc. Bila menggunakan transmisi manual bisa torehkan 21,2 kpl. Sedangkan untuk transmisi S-CVT di angka 20,4 kpl.

Selama berkendara akan ditemani tatanan audio terbaik hasil kolaborasi Toyota dan JBL, sehingga bisa lebih menyenangkan. Ada empat speaker dan amplifier berkekuatan 300W serta ada satu subwoofer berdiameter 200 mm di bagasi untuk hadirkan kekuatan bass, respon dinamik speaker, dan lebih jernih serta sound stage lebih luas.

Oh iya, untuk head unit gunakan layar sentuh berukuran 9 inci berteknologi Toyota Smart Connect bisa disambungkan melalui aplikasi ponsel MyT. Pengendara bisa menganalisa kendaraan seperti driving analytics, konsumsi bahan bakar, peringatan, dan pelacak kendaraan. Bisa ditancapkan SIM card, sehingga bisa memperbaharui sistem hingga navigasi.

Tingkat keselamatan juga menjadi hal utama, disematkannya Toyota Safety Sense (TSS) sebagai yag pertama sebagai perangkat standar di kelasnya. TSS menggunakan sensor kamera monocular dan milimetre-wave radar, dengan Pre-Collision System (PCS), mampu mendeteksi kendaraan lain saat kecepatan tinggi.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Toyota Hiace Terbaru Berstandar Euro 4

Pengalaman berkendara juga lebih menarik, adanya atap kanvas yang dipastikan kuat untuk menahan air dan juga debu berstandar kendaraan premium. Adanya atap kanvas ini memungkinkan sudut pandang ke atas lebih lebar 20%, terbuka 40 mm.

Kesenyapan kabin, diklaim yang terbaik di segmennya, meningkat 10ppt sesuai ukuran Articulation index dari versi Aygo. Nah, untuk pilihan warnanya kian beragam mulai dari Cardamom, Chili, Ginger, dan Juniper.