POPULAR STORIES

Toyota GR Corolla, Sudah Siap Dipinang!

Toyota GR Corolla, Sudah Siap Dipinang! Toyota GR Corolla (Foto: Toyota USA)

KabarOto.com - Toyota Gazoo Racing telah menyibak racikan anyar Toyota GR Corolla. Yup, beraliran hot hatch performa tinggi, klaim tenaganya mampu diandalkan bersanding sistem gerak empat roda hasil pengembangan sendiri GR-Four AWD.

Toyota GR Corolla ini mengusung mesin turbocharger G16E-GTS, jantung pacu yang sama digunakan oleh Toyota GR Yaris. Meski hanya tiga silinder berkapasitas 1.618 cc, kompresi 10,5:1, mampu kerahkan tenaga hingga 300 dk pada 6.500 rpm dan torsinya 370 Nm bisa bermain di 3.000-5.550 rpm.

Baca juga: Audi A6 Avant e-tron Concept, Estate Gambot Gaya Agresif

Oh iya, mengambil basis dari Corolla Sport, namun fender depan lebih lebar 20 mm dan belakang 30 mm membuat mobil terlihat lebar. Lebih tepatnya GR Corolla memiliki dimensi panjang 4.410 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.480 mm termasuk antena (tinggi atap 1.455 mm). Jarak sumbu rodanya 2.640 mm dengan total bobot kendaraan 1.475 kg.

Kemampuan di tikungan juga makin ditingkatkan berkat lebar jarak pijak bertambah 60 mm menjadi 1.590 mm di depan dan bertambah 85 mm menjadi 1.650 mm di belakang. Suspensi depan andalkan MacPherson dan double wishbone.

Menapak baik ke permukaan aspal berkat penggunaan ban Michelin Pilot Sport 4 profil 235/40R18. Diladeni cakram depan 14 inci berventilasi dikawal 4 piston kaliper, dan cakram belakang 11,7 inci berventilasi gunakan 2 piston kaliper. Adapun kaliper berkelir merah dengan logo GR sebagai standar Circuit Edition.

GR-Four AWD bisa diaplikasikan untuk berkendara harian dengan mengatur porsi torsi untuk menggerakkan roda depan dan belakang konfigurasi 60:40. Bila ingin sedikit lebih sporty, torsi bisa diperbanyak ke belakang menjadi 30:70 sehingga semakin asyik menikmati jalur penuh tikungan dan di sirkuit. Sedangkan untuk kestabilan terbaik setelan 50:50 bisa membuat GR Corolla melesat lebih bergegas, bisa lebih kompetitif di lintasan atau jalur special stage.

Transmisinya 6 percepatan berteknologi intelligent manual transmission (iMT). Karakter mesin bisa didengar melalui 3 lubang pipa gas buang.

Adapun setiap mode GR-Four AWD akan secara otomatis menyesuaikan respon dari pengendara, laju kendaraan serta kondisi jalanan. GR Corolla Circuit Edition di roda depan dan belakang Torsen Limited-Slip Differentials (LSD).

Meningkatkan potensi performa mesin, Gazoo Racing telah merancang ulang konstruksi bodi andalkan bahan berbobot ringan. Bagian atap terbuat dari forged carbon sheet molding compound. Meski berbobot ringan, namun kekuatannya lebih dari atap baja.

Bahan aluminium dipakai di bagian kap mesin dan panel pintu depan dipadu high-tensile steel. memungkinkan mobil tetap terlindungi bila terjadi insiden dan struktur mobil tetap aman.

Aerodinamika bagian hidung hingga atap GR Corolla diklaim memberikan gaya tekan dan dialirkan ke bagian spoiler belakang mobil. Atap, fender, dan bumper belakang, serta bagian kolong rata untuk mereduksi hambatan, meningkatkan gaya tekan dan kestabilan.

Tak melupakan membahas bagian interior, GR Corolla masih merefleksikan performa mobil, terutama di seputar kokpit. GR Full TFT meter cluster berukuran 12,3 inci dengan warna Multi-Information Display (MID) menampilkan mode 4WD, tekanan turbo, posisi transmisi dan takometer.

Circuit Edition memadukan warna hitam dan merah di seputaran pegangan pintu, konsol tengah, lingkar kemudi, dan kisi penyejuk udara. Kemudian untuk tipe Core Grade diberi kelir hitam dan detail silver.

Sentuhan lembut di kabin, dihadirkan oleh Brin Naub suede dan kulit sintetis di jok sport dipadukan jahitan benang merah. Ada warna merah serta logo GR di sandaran kepala. Jok bisa disetel sudut 6-way. Penumpang di depan bisa disetel 4-way.

Toyota Audio Multimedia System menjadi standar di grade GR Corolla, ditampilkan di layar 8 inci. bisa dioperasikan melalui sentuhan dan perintah suara “Hey Toyota”. Adapun perintah suara tersebut untuk mengoperasikan pencarian arah, Point of Interest, kontrol audio, mengubah temperatur kabin dan banyak lagi. Suara mantap hiburan jadi yang terbaik, disematkannya speaker lansiran JBL.

Toyota Safety Sense 3.0 (TSS 3.0) merupakan peran penting saat ini di kendaraan baru. Menggunakan sistem sensor mampu mendeteksi segala kemungkinan saat melaju di jalan raya. Mendeteksi pula pejalan kaki, pesepeda dan guardrail. Saat menikung di persimpangan, sistem didesain untuk mendeteksi kendaraan lain di sekitar dengan memberikan peringatan suara serta rem otomatis di kondisi tertentu.

Semakin baik membaca lajur marka yakni Lane Departure Alert dibantu Steering Assist dan Lane Tracing Assist. Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) juga akan disematkan di GR Corolla.

Pelengkap lainnya di TSS 3.0 adalah termasuk Blind Spot Monitor (BSM) serta Rear Cross Traffic Alert (RCTA), begitu juga dengan Hill Start Assist Control (HAC) menjadi standar. Road Sign Assist memudahkan pengendara menyadari rambu lalu lintas, bisa terpantau di Multi-information Display (MID), gunakan kamera forward-facing.

Baca juga: Toyota GR Supra 50 Edition Paling Langka

Toyota Safety Connect® tengah diuji coba satu tahun tanpa biaya tambahan, di antaranya Emergency Asisstance, Stolen Vehicle Locator, Roadside Assistance dan Automatic Collision Notification.

Nah iya, bagi konsumen yang ingin ekstra paket ada pilihan Performance package berupa Torsen Liited Slip Differential (LSD) di depan dan belakang. Sedangkan Technology package disematkannya Premium Audio dengan Dynamic Navigation serta JBL w/Clari-Fi, dan Qi-compatible wireless smartphone charging. Cold Weather package menambahkan sistem penghangat di jok depan dan lingkar kemudi.