POPULAR STORIES

Toyota Berencana Bangun Fasilitas Komponen Mobil Listrik Di India

Toyota Berencana Bangun Fasilitas Komponen Mobil Listrik di India Toyota C+Pod di Bali (Foto: Toyota)

KabarOto.com - Toyota Group berencana menginvestasikan $634 juta untuk membangun komponen kendaraan listrik di India. Rencana ini terkait dengan target netralitas karbon pabrikan pada tahun 2050.

Melansir Asia Nikkei, Toyota Kirloskar Motor dan Toyota Kirloskar Auto Parts telah menandatangani nota kesepahaman dengan negara bagian Karnataka Selatan senilai 41 miliar rupee untuk mendirikan Toyota Industries Engine India.

Baca juga: Toyota Majesty Bila Alphard Kurang Luas Dan Mewah

Rencana elektrifikasi Toyota ini sejalan dengan ambisi India untuk menjadi pusat manufaktur, meskipun peralihan ke transportasi ramah lingkungan di negara Asia Selatan tidak secepat di Tiongkok dan Amerika Serikat.

Toyota Kijang Innova Ev Concept

Hal tersebut disebabkan oleh harga mobil listrik di India yang masih terlalu mahal, model terbatas dan belum tersedianya infrastruktur pengisian daya di India.

"Untuk mewujudkan rencana ini, kami membutuhkan sekitar 3.500 tenaga kerja baru," ungkap Wakil Kepala Toyota Kirloskar, Vikram Gulati.

Baca juga: Toyota Dan Daihatsu Kerjasama Siapkan Teknologi Mobil Listrik

Seiring dengan perkembangan sistem rantai pasok, jumlah tenaga kerja yang bisa terserap di industri ini akan semakin banyak. Perusahaan layanan konsultasi di India, Crisil menyebutkan potensi pendapatan dari perusahaan otomotif India, bisa mencapai $20 miliar dari kendaraan listrik hingga tahun fiskal 2026.

Sebagai informasi, pada tahun 2040, sekitar 53 persen dari penjualan mobil baru di India akan menjadi listrik, sedangkan di Tiongkok mencapai 77 persen, menurut BloombergNEF.