POPULAR STORIES

Toyota Calya Sedang Dikembangkan Untuk Menjadi Mobil Listrik

Toyota Calya Sedang Dikembangkan untuk Menjadi Mobil Listrik Toyota Calya diteliti perguruan tinggi nasional untuk diubah menjadi mobil listrik (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Toyota Calya merupakan Low Cost Green Car (LCGC) yang dibuat untuk masyarakat Indonesia. Pabrikan asal Jepang tersebut, berencana akan mengubah Toyota Calya dari mesin konvensional menjadi listrik.

Dalam memuluskan rencana itu, Toyota menggandeng tiga universitas unggulan yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca Juga: Toyota Perkenalkan New Calya, Ini Ubahan Fitur Dan Harganya

Konversi Toyota Calya menjadi mobil listrik merupakan upaya untuk menyambut era elektrifikasi. Rencana ini dipaparkan dalam webinar dengan tema ‘Aktivitas Riset Universitas Sebagai Bagian Upaya dalam Mengembangkan Populasi Kendaraan Elektrifikasi’, yang berlangsung Jumat (21/05/2022).

New Toyota Calya (Foto: Kabaroto)

Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjelaskan, pengembangan tersebut murni penelitian. Belum ada niat untuk membuat dan menjual Calya dalam versi listrik.

“Alasan memilih Calya untuk dikonversi murni usulan universitas, dengan pertimbangan ini model dekat dengan rakyat,” papar Bob dalam acara tersebut.

Bob menambahkan, mengubah sistem penggerak pada LCGC ini dapat membuat Toyota memiliki pengetahuan lebih banyak mengenai batas kemampuan model kendaraan yang mereka miliki untuk dijadikan kendaraan listrik.

“Dalam penelitian itu, kita kan mencari maksimalnya," tambah Bob.

Dia menjabarkan, berapa banyak baterai dan komponen lain yang bisa diimplementasikan pada segmen bawah. Serta bisa terjangkau serta diakses masyarakat.

Namun begitu, pria berkacamata ini memaparkan, keinginan Toyota untuk memiliki model kendaraan listrik yang dipasarkan di Indonesia untuk masa depan. “Kami punya cita-cita, semua model yang diproduksi di Indonesia ada versi listriknya," jelas Bob.

Baca Juga: Toyota Harap Hadirnya New Calya Menggairahkan Pasar MPV Indonesia

Versi yang dimaksud, Battery Electric Vehicle (BEV), hybrid, Plug-in Hybrid (PHEV), juga flexi engine. "Kami harap seluruh model ada listrik, jadi konsumen memiliki banyak pilihan," paparnya lagi.