Toyota Dan Jera Bekerjasama Mendaur Ulang Baterai Mobil Listrik

Toyota dan Jera Bekerjasama Mendaur Ulang Baterai Mobil Listrik

KabarOto.com – Toyota bekerjasama dengan Jera yang merupakan perusahaan pengadaan bahan bakar antara Tokyo Electric Power dan Chubu Electric Power.

Nantinya, kerjasama ini akan memproduksi baterai dengan melakukan daur ulang dari mobil listrik dan hybrid. Kemudian akan menjadi penyimpanan daya untuk energy terbarukan.

Menurut laporan, sistem penimpanan baru ini terdiri dari baterai lithium-ion dan nikel-metal hibridia. Selain itu, kolaborasi ini akan membuat teknologi baru untuk membuat baterai beroperasi lebih efisien dengan menggabungkan beberapa jenis baterai.

Baca juga: Toyota Berikan Penyegaran Produk Alphard Dan Vellfire Di Indonesia

Soal target, Toyota dan Jera menargetkan pengembangan baterai ini akan selesai akhir tahun ini. Kemudian, keduanya bertujuan untuk menghubungkan penyimpanan ke jaringan listrik sehingga mereka dapat melakukan verifikasi teknis tahun berikutnya.

Sistem ini diharapkan digunakan untuk menyimpan listrik yang dihasilkan oleh pembangkit yang menggunakan tenaga surya, angin, dan sumber terbarukan lainnya. Jumlah listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tersebut sangat berubah tergantung pada cuaca.

Baca juga: Toyota GR Supra A91-CF Edition, Disiapkan 600 Unit!

Dengan terhubung ke pembangkit listrik energi terbarukan, baterai ini dapat menyimpan dan memasok listrik secara fleksibel sesuai dengan perubahan tingkat pasokan dan permintaan.

Proyek ini muncul karena jumlah baterai bekas dari kendaraan listrik serta hibrida diperkirakan akan melonjak selama beberapa tahun mendatang di Jepang.

Menurut asosiasi industri mobil nasional, kendaraan listrik di Jepang berjumlah 117 ribu pada 2020. Untuk hibrida, jumlahnya adalah 9,28 juta atau sekitar 80 kali lebih tinggi dari mobil listrik.