Toyota Gazoo Racing Siap Hadapi Musim WRC 2019

Toyota Gazoo Racing Siap Hadapi Musim WRC 2019

Kabaroto.com – Toyota adalah salah satu merek asal negeri matahari terbit yang mengikuti ajang rally WRC. Dalam balapan tersebut, Toyota hadir dengan Toyota Gazoo Racing yang juga dipimpin oleh legenda rally dunia yang sudah menjadi juara 4 kali Tommi Makinen.

Toyota menurunkan salah satu mobil hatchback-nya yaitu Yaris. Namun bukan Yaris seperti yang kita kenal sekarang ini. Melainkan Yaris yang dijual pasar Eropa.

Baca juga: Williams Optimis Jalani Musim Balap 2019

Penasaran bentuknya seperti apa? Kita ulas langsung saja.Berbeda dengan Yaris lokal, Yaris versi Eropa lebih memiliki bentuk desain lebih kalem dengan garis-garis bodi membulat. Untuk menunjang kebutuhan balap, ubahan besar pun dilakukan pada mobil ini. Contoh saja, dibagian bumper depan ada pemasangan canard yang ukuran cukup besar, lalu terdapat air dam besar ukurannya untuk memasok udara lebih ke dalam ruang mesin.

Begitu pula ada ubahan pada headlamp karbon yang didukung penerangan dari PIAA membuat tampilan mata Yaris WRC ini semakin gahar. Lengkapnya lagi, ciri khas mobil rally yang memiliki airscoop di bagian atap yang berfungsi memasukkan udara ke dalam kabin.

Cukup banyak ubahan pada bodi yang dilakukan seperti splitter besar yang ada di fender depan dan belakang, lalu juga terdapat diffuser yang ukurannya cukup besar, dan selayaknya mobil balap pada umumnya, ada spoiler yang ukurannya cukup besar berbahan karbon untuk downforce mobil ketika manuver tajam. Sangat agresif sekali bukan penampilan Yaris WRC ini.

Baca juga: Tim Renault Tengah Mengembangkan Sasis Barunya

Sektor kaki-kaki, pelek mobil ini menggunakan OZ Racing baut 5 dengan balutan ban Michellin dan suspensi adjustable yang dapat diatur kekerasan dan ketinggiannya. Tentunya ini berpengaruh pada handling mobil di lintasan.

Jantung pacu mobil ini menggunakan mesin 4 silinder DOHC Turbocharger, direct injection yang memiliki kapasitas 1.600 cc. Namun jangan salah kaprah dulu, walau berkapasitas tidak terlalu besar, mobil ini dapat memuntahkan tenaga maksimal hingga 380 dk loh, dan juga torsi maximum 425 Nm. Dari tenaga tersebut, ada transmisi manual dengan 6 percepatan hydraulic shift, yang langsung terhubung ke penggerak 4 roda. Mobil ini mampu berlari hingga mencapai kecepatan maksimal 201 kpj.

Baca juga: Team Balap Proliner 549 Kabochi Siap Berlaga Di ARRC 2019 Kelas 150cc

Dari sistem pengereman mobil ini juga berbeda diameter antara lintasan non-aspal dan aspal, untuk lintasan non-aspal menggunakan rem berdiameter 300 mm sementara untuk aspal berdiameter lebih besar, yakni 370 mm.

Masuk kedalam kabinnya, hanya ada 2 buah bucket seat, minim panel-panel interior berganti dengan beberapa indikator saja. Sedangkan rollcage dengan besi T45 merupakan bagian dari regulasi dan pengaman penumpang kendaraan.

Dimensi dari Yaris WRC ini tidak beda dengan versi untuk konsumen, dengan panjang 4.085 mm, lebar 1.875 mm, ukuran yang cukup kompak layaknya mobil jenis hatchback, dengan berat minimal yang mencapai 1.190 kg sesuai regulasi dari FIA. (Deddy Darmanto)