POPULAR STORIES

Toyota Gunakan Hino Profia Sebagai Truk Hidrogen

Toyota Gunakan Hino Profia Sebagai Truk Hidrogen Penulis: Bagas/KC

KabarOto.com - Toyota Motor Corporation (Toyota) and dan Hino Motors, Ltd. (Hino) telah sepakat untuk bersama-sama mengembangkan truck heavy-duty fuel cell.

Toyota mengembangkannya berbasis dari Hino Profia FR1AWHG. Dimensinya memiliki panjang 11.990 mm, lebar 2.490 mm dan tinggi 3.780 mm. Total bobotnya mencapai 25 ton.

Adapun teknologi yang digunakan pada truck fuel cell tersebut adalah Toyota FC Stack alias Polymer Electrolyte Fuel Cell. Mengandalkan hidrogen dan baterai lithium-ion, tangki hidrogen bertekanan tinggi 70 MPa. Sedianya, truk hidrogen tersebut mampu menempuh jarak hingga 600 km untuk sekali pengisian.

Baca juga: MG ZS Sudah Bisa Dicoba di Dua Outlet Ini

Diwujudkannya truk ini sebagai bagian ambisi Toyota untuk menekan isu lingkungan global yang telah ditetapkan tahun 2050. Selain itu mengembangkan teknologi kendaraan listrik agar dapat digunakan untuk masyarakat.

Adapun untuk elektrifikasi kendaraan komersial, sumber tenaga yang optimal harus diadopsi untuk memastikan kinerja lingkungan yang luar biasa dan kepraktisan yang tepat sebagai kendaraan bisnis dalam hal jarak jelajah, kapasitas muatan, dan aspek lainnya tergantung pada penggunaan.

Truck heavy-duty biasanya digunakan untuk transportasi jalan raya; Oleh karena itu, mereka diharuskan memiliki jarak jelajah dan kapasitas muatan yang cukup serta kemampuan pengisian bahan bakar yang cepat. Karena alasan ini, kendaraan sel bahan bakar yang menggunakan hidrogen dengan kepadatan energinya yang lebih tinggi dianggap efektif.