Toyota Mirai Raih Bintang 5 Dalam Uji Keselamatan

Toyota Mirai Raih Bintang 5 Dalam Uji Keselamatan

KabarOto.com – Toyota Mirai baru saja diuji fitur keselamatannya oleh Euro NCAP. Mobil bertenaga Hidrogen pertama dari Toyota ini diganjar bintang 5, dengan nilai untuk perlindungan penumpang dewasa 88%, anak-anak 85%, pejalan kaki 80%, dan fitur keselamatan 82%.

Pengujian dilakukan sesuai prosedur biasanya, simulasi tabrakan dilakukan dari depan, dan samping. Dengan kecepatan antara 32 hingga 60 kpj, kejadian digambarkan apabila mobil menabrak mobil lain dari depan, atau tembok, lalu sisi samping mobil ditabrak mobil lain, ataupun mobil menabrak tiang pada sisi samping.

Baca juga: Kembaran Daihatsu Rocky Diganjar Bintang 5 ASEAN NCAP

Hasilnya sangat positif, total 7 airbag mampu bekerja dengan baik. Bagian depan menopang wajah pengemudi dari benturan dengan setir. Airbag samping juga terbuka sempurna dan melindungi penumpang belakang dari serpihan keca yang mungkin menambah potensi cedera serius.

Selain itu, head rest joknya pun mampu menahan secara sempurna kepala agar tidak cedera leher yang sangat fatal. Sementara bagian kap mesin dan bumper depan memang dibuat sedikit lunak, sehingga apabila tertabrak, korban tidak mengalami cedera serius.

Baca juga: Lolos Uji Keselamatan, Honda City Dan Accord Raih Penghargaan ASEAN NCAP

Fitur keselamatan lain seperti pengereman otomatis juga dites, simulasi dilakukan menggambarkan ketika pejalan kaki atau pesepeda menyeberang secara mendadak. Lane departure warning bekerja saat mobil mulai keluar jalur.

Mirai dilengkapi Toyota Safety Sense, termasuk fitur Intersection collision support, Steering Assist, New Radar Cruise Control Function, dan Driver Emergency Stop Assist. Selain itu ada fitur bantuan mengemudi dari Mobility Teammate Concept, merupakan konsep mengemudi otomatis yang bisa dikembangkan dari mobil dan sana pengemudi.