Toyota Starlet Kembali Lagi, Gunakan Basis Suzuki Baleno

Toyota Starlet Kembali Lagi, Gunakan Basis Suzuki Baleno

KabarOto.com – Buat Sobat KabarOto angkatan 1980 hingga 1990-an pasti familiar dengan hatchback kompak sejuta umat kala itu, Toyota Starlet. Lama tak terdengar kabar generasi barunya, tiba-tiba saja Toyota akan menghidupkan lagi Starlet, namun untuk pasar Afrika.

Namun memang bukan murni Starlet dengan desain orisinal Toyota, melainkan hanya rebadge saja dari Suzuki Baleno Hatchback. Secara spesifikasi sebenarnya sama saja, tapi terdapat beberapa ubahan minor, sehingga lebih variatif. Sebelumnya ada juga Glanza untuk pasar India.

Baca Juga : First Impression New Toyota Yaris TRD

Jika kita bandingkan dengan Suzuki Baleno di Indonesia, Toyota Starlet punya desain gril sedikit berbeda, kisi-kisinya memiliki garnis krom sebagai pemanis dan aksen krom menyatu hingga lampu. Model bumper sama persis Glanza namun tidak seagresif versi lokal, dilengkapi air dam serta cover fog lamp.

Bodi samping dibuat sederhana tanpa penambahan side skirt. Tapi pelek memakai model baru dengan finishing two tone, black polish. Pelek 16 inci, dibalut ban ukuran 195/55 R16.

Bagian buritan juga tidak jauh berbeda, desainnya cukup ringkas. Dengan aksen krom di bawah jendel, lalu stop lamp dengan dua bagian reflektor bening yang berguna sebagai sein dan lampu mundur.

Baca Juga : Project Geländewagen, Desainer Louis Vuitton Sulap G-Class Jadi Mobil Balap

Soal mesin masih akan mengandalkan K14B, 4 silinder DOHC berkapasitas 1.400 cc, untuk pemakaian harian tenaganya menyentuh angka 94 dk dan torsi 130 Nm. Memiliki pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Bagian interior masih terasa sama saja dengan Suzuki Baleno, tapi bukan berarti buruk. Sebab fiturnya cukup lengkap misalnya spidometer dengan layar MID digital full color, audio steering switch, cruise control, AC digital, dan multimedia layar monitor.