Toyota Yaris 2020 Dirilis, Menggendong Banyak Fitur Modern

Toyota Yaris 2020 Dirilis, Menggendong Banyak Fitur Modern

KabarOto.com – Toyota Yaris generasi keempat resmi diperkenalkan untuk pasar Jepang dan Eropa. Kini kompak hatchback itu hadir dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) dan GA-B modular.

GA-B memberikan pusat gravitasi lebih rendah sekitar 12 mm dari versi sebelumnya. Serta tak hanya itu, bodi lebih rigid sekitar 37% sehingga meminimalisir gejala body roll berlebihan saat manuver, dan radius putarnya sekitar 4,9 m membuatnya lebih sigap ketika melakukan manuver putar balik.

Baca Juga : Toyota Vios Facelift Rilis Di Filipina, Indonesia Kapan?

Yaris baru sendiri akan hadir dalam tiga opsi mesin, yakni Hybrid Dynamic Force 4 silinder DOHC 1.500 cc, lalu bensin 4 silinder DOHC 1.500 cc, serta 3 silinder 1.000 cc. Untuk Hybrid Dynamic Force kabarnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 93 dk dan torsi 120 Nm, disambung ke transmisi e-CVT sehingga pengoprasian lebih senyap.

Sementara varian mesin bensin 1.500 cc dan 1.000 cc, hadir dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan dan CVT.

Fitur moder seperti Toyota Safety Sense disematkan sebagai perlengkapan standar, termasuk Advanced Assist Assistance Systems (ADAS), seperti Lane Trace Assist, Emergency Steering Assist dan Assist Turn Intection, dan sebagainya. Yaris juga menawarkan Intersection Turn Assistance, untuk mengenali risiko tabrakan dengan mendeteksi laju lalu lintas yang mendekat atau pejalan kaki saat kita hendak berbelok di persimpangan.

Mengusung fitur keselamatan baru, merupakan mobil Toyota pertama dilengkapi airbag tengah, gunanya membantu mencegah pengemudi dan penumpang bertabrakan satu sama lain ketika tabrakan sisi samping, bahkan Toyota berani mengklaim bahwa ini merupakan mobil kompak paling aman di dunia.

Baca Juga : 12 Unit MINI John Cooper Works GP 2020 Jatah Indonesia, Harga Rp1,5 Miliar

Kabin Toyota Yaris baru memiliki aura sporty dari desainnya dengan balutan warna hitam serta ada jahitan berwarna merah. Ditambah head up display layaknya kendaraan jenis premium, head unit multimedia ukuran 10 inci, lalu wireless charging, dan headunit terintegrasi Apple Carplay dan Android Auto. Sistem audio premium dari JBL pun ditawarkan untuk memanjakan telingan pengemudi dan penumpangnya.

Oh iya, Yaris baru juga sudah dibekali fitur Advance Park loh. Sehingga buat yang baru belajar setir mobil, dan belum berani parkir sendiri, fitur yang mengandalkan kamera dan sensor ultrasonik ini bisa bergerak otomatis untuk mengatur arah setir, gas dan rem. Pengemudi hanya perlu memindahkan tuas transmisi saja baik gigi maju atau mundur.