POPULAR STORIES

Toyota Yaris Cross Sudah Bisa Dipesan Di Jepang

Toyota Yaris Cross Sudah Bisa Dipesan di Jepang

KabarOto.com - Para penggemar Sport Utility Vehicle (SUV) di kawasan Eropa sepertinya harus bersabar menanti Toyota Yaris Cross.

Meski kabarnya saat diluncurkan, pada 23 April, hanya untuk pasar Eropa paling cepat tahun 2021. Ternyata konsumen SUV di Jepang sudah bisa memesannya sejak 31 Agustus.

Baca juga: Toyota Yaris Cross, SUV Kecil Tapi Lincah



Yaris Cross dikembangkan oleh Toyota dari platform baru Toyota New Global Architecture-B. Meski berdimensi kecil, namun berkat penataan yang tepat di kabin membuat SUV ini bisa mendukung berbagai aktivitas penggunanya.

Bagasinya saja bisa menyajikan 390 liter dan pertama di kelas small SUV lipat sandaran kursi konfigurasi 40/20/40. Oh iya, tinggi pintu belakang 732 mm dan tinggi kabin 850 mm. panjang kabin mencapai 1.400 mm dan lebar 820 mm.

Pilihan mulai dari gerak roda depan (2FWD) dan gerak empat roda (4WD) sehingga bisa lebih menikmati perjalanan. Selain itu ada tiga pilihan mode berkendara atau disebut 'Multi-terrain Select'.

Teknologi elektrifikasi juga menjadi pilihan di Yaris Cross ini berupa Hybrid Electric Vehicle (HEV) berfitur E-Four atau sistem gerak empat roda elektrik. Diyakini untuk kali pertama di kelas mini SUV.

Model hybrid dengan sistem gerak roda depan diklaim bisa menyajikan konsumsi bahan bakar bensinya 30,8 kpl.

Para konsumen di Jepang juga akan disuguhkan kali pertama Toyota Safety Sense sebagai fitur standar. Adanya Toyota Safety Sense ini di Yaris Cross karena banyak dari konsumen Toyota lebih memilih model city car.

Tambahan fitur lainnya untuk membantu pengendara adalah Toyota Teammate Advanced Park serta Full Speed Range Radar Cruise Control. Ditambah lagi Adaptive Hi-beam System (AHS).



Toyota Jepang tak muluk mematok target jualan di kondisi pandemik Covid-19, hanya di kisaran 4.100 unit perbulan. Bagi yang ingin menengoknya di diler harap bersabar, baru akan dipajang pada 26-27 September.

Baca juga: Toyota Hilux Baru Makin Keren Pakai GR Parts

Yaris Cross di Eropa akan dibuat di fasilitas produksi Toyota Prancis dengan target 150.000 setahun. Sedangkan di Jepang, khusus dibuat di Ohira Plant / Iwate Plant, Toyota Motor East Japan, Inc.

Harganya cukup menggiurkan, mulai dari 1.798.000 yen atau setara Rp248,6 juta. Sementara paling mahal dipatok 2.815.000 yen atau setara Rp389,3 juta.