Transjakarta Buka 3 Rute Baru, Berikut Lokasi Pemberhentiannya

Transjakarta Buka 3 Rute Baru, Berikut Lokasi Pemberhentiannya

KabarOto.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus memperluas rute sehingga bisa menjangkau para pengguna layanannya. Pasalnya saat ini tercatat jangkauan layanan Transjakarta mencapai 83% pada 2019 lalu.

Kini ada tiga rute baru yang baru saja dibuka dan beroperasi mulai Selasa, (10/11). Rute tersebut antara lain TR1 (Stasiun Gongdangdia – Senen), TR2 (Stasiun Gongdangdia – Balaikota) dan JAK 10A (Stasiun Gondangdia – Cikini).

"Penambahan rute ini diharapkan bisa melayani mobilitas masyarakat, khususnya dalam hal transportasi," ujar Direktur Operasional PT Transjakarta Prasetia Budi.

Baca Juga: Halte Bundaran HI Transjakarta Sudah Berfungsi Normal, Kini Dilengkapi Wifi Gratis

Ketiga rute tersebut ada 24 unit armada dengan rincian 8 unit bus medium untuk rute TR1, 4 unit medium bus untuk rute TR2, dan 12 unit mikrotrans untuk Jak10A. Terkait jam operiasionalnya, ketiga rute tersebut beroperasi setiap Senin - Jumat mulai 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Saat hingga hingga dua pekan ke depan para penumpang rute baru Transjakarta TR1 dan TR2 tidak akan dikenakan biaya, setelah itu tarif reguler akan diberlakukan Rp 3.500 seperti lainnya. Walau gratis, Sobat KabarOto tetap harus melakukan tap in dan tap out melalui alat di dalam armada.

Baca Juga: Desain Ulang, 4 Halte Transjakarta Bakal Dilengkapi Resto Hingga Coffee Shop

Sementara itu, untuk rute JAK10 mikrotrans saat ini masih bisa dinikmati oleh para pelanggan dengan tarif Rp 0 menggunakan kartu Jak Lingko.

Mengingat masih pandemi, Transjakarta masih membatasi kapasitas armadanya. Daya angkut maksimal bus gandeng untuk 60 orang dan 30 orang untuk bus besar. Sedangkan bus kecil hanya diisi 15 orang.

Baca Juga: BMW iX, Teknologi Flagship akan Terpasang di SAV Ini

Berikut pemberhentian rute-rute baru Transjakarta:
1. TR1 (Stasiun Gongdangdia – Senen)

Arah Senen
St Gondangdia – Komplek AL – Kanisius – Telkom – Gambir 1 – Gambir 2 – Istiqlal – Lapangan Banteng – Wahidin – Ps Senen – St Senen.

Arah St Gondangdia
Stasiun Senen – Atrium 1 – Atrium 2 – RSPAD – Museum Kebangkitan – PMI – Tugu Tani – Halte Sekolah – BRI – Halte SMU – Stasiun Gondangdia

2. TR2 (Stasiun Gongdangdia – Balaikota)

Arah Balaikota
Stasiun Gondangdia 1 – Komplek AL – BRI – Kanisius – Telkom – Balaikota

Arah St Gondangdia
Balaikota – IRTI – Wisma Antara – BUMN – Gedung Dewan Pers – Gedung DPRD – Stasiun Gondangdia 2 – Stasiun Gondangdia 1

3. JAK 10A (Stasiun Gondangdia – Cikini)

St Gondangdia – Komplek AL – Kanisius – Telkom – Gambir 2 – Memperindag – Tugu Tani – Halte Sekolah – Bapindo – Halte SMU – St Gondangdia