POPULAR STORIES

Transjakarta Kembali Buka Layanan Shuttle Bus Gratis Ke Kota Tua

 Transjakarta Kembali Buka Layanan Shuttle Bus Gratis Ke Kota Tua Ilustrasi Bus Metrotrans (ist)

KabarOto.com - Setelah sempat dihentikan sementara dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Covid-19 di DKI Jakarta, PT Transjakarta akhirnya kembali mengoperasikan dua rute layanan gratis shuttle bus dari dan menuju museum di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan, kedua rute tersebut yakni, GR 4 (Taman Kota Intan - Museum Bahari) dan GR 5 (Kota Tua Explorer).

Baca Juga: Ini Syarat Lengkap Agar Bisa Perpanjang Atau Buat SIM Gratis

"Kami menyiapkan empat unit armada minitrans dengan kapasitas 15 orang per bus dan dua unit metrotrans low entry (pijakan rendah ramah disabilitas) dengan kapasitas 30 orang per bus," ujar Nadia.

Ia menambahkan, rute tersebut beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB. "Sedangkan waktu keberangkatan 10 sampai 20 menit," tambah Nadia, dalam keterangan resminya.

Terapkan protokol kesehatan

Meski gratis, namun warga yang hendak mengakses layanan tersebut tetap harus melakukan tap on bus (TOB) menggunakan kartu uang elektronik, yang dikeluarkan oleh bank-bank terkemuka di Indonesia dengan tarif nol rupiah.

Adapun rute perjalanan layanan gratis shuttle Kota Tua adalah Kota Intan - Museum Bahari 2 - Simpang Pakin 2 - Simpang Pakin 3 - SPBU Gedong Panjang - Gedong Panjang 2 - BRI Jakarta Kota - Simpang Kota Roa Malaka - Jembatan Kota Intan - Kota Intan (Rute Shuttle GR4).

Baca Juga: Layanan Bengkel Astra Peugeot, Mulai Terapkan Protokol Kesehatan

Sedangkan Rute Shuttle GR5 adalah Kota Intan - Taman Kota Intan - BNI 46 - Glodok Plaza - Kali Besar Barat 1 - Terminal Bayangan Kota Intan. Nadia menjelaskan, Transjakarta juga tetap memberlakukan protokol kesehatan di masa PSBB transisi.

Lalu protokol pemberlakuan perlindungan diri bagi karyawan dan pelanggan, dengan wajib masker dan jarak aman dalam mengantre, maupun duduk di dalam bus.

"Petugas tidak akan mengizinkan pelanggan, dengan suhu tubuh di atas 37 derajat celcius masuk ke dalam bus," pungkas Nadia.