Truk Listrik Hino Dutro Z EV Jadi Perhatian Pengunjung GIIAS 2022, Berikut Spesifikasinya

Truk Listrik Hino Dutro Z EV Jadi Perhatian Pengunjung GIIAS 2022, Berikut Spesifikasinya Hino pamer truk listrik di GIIAS 2022 (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Hino menjadi salah saru merek kendaraan komersial yang ikut serta dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Selain menampilkan bus konvensional, pabrikan asal Jepang ini juga membawa salah satu jagoannya, yaitu truk listrik.

Truk bernama Dutro Z EV ini menggunakan basis Hino Dutro, dibekali baterai Lithium Ion berkapasitas 40 kWh, akan menyalurkan tenaga ke motor listrik.

Baca juga: Tak Hanya Jualan Kendaraan Di GIIAS 2022, Hino Juga Fokus Pada Keselamatan Berkendara

Menggunkan tipe normal charging AC type 1 waktu pengisian baterai hanya 5 jam atau quick charging DC CHAdeMo dengan waktu pengisian penuh hanya dalam 1 jam. Dalam kondisi baterai penuh, Hino Dutro Z EV mampu menempuh jarak lebih dari 100 km.

Tampilan samping Hino Listrik (Foto: KabarOto)

Daya angkutnya cukup besar, mencapai 1 Ton. Truk ini tentu saja ramah lingkungan, tak ada polusi, tidak ada suara dan juga getaran. Bisa digunakan di berbagai kondisi jalan.

Dutro Z EV sasisnya rendah, untuk mempermudah keluar masuk barang dan mempermudah pengemudi memasuki kabin. Selain itu, terdapat banyak fitur fitur keselamatan seperti Pre-Collision Safety (PCS) untuk memberi peringatan ketika kemungkinan terjadi tabrakan dari depan.

Electric Parking Brake, Clearance Sonar disematkan untuk mendeteksi hambatan ketika mobil digas secara mendadak karena salah injak pedal. Selain itu The Erroneous Start Prevention Function memiliki fungsi pencegahan kesalahan menekan pedal gas dan rem.

Tak sampai di situ, fitur lain adalah Lane Departure Warning System (LDWS), sistem alat bantu keselamatan pada kendaraan yang dapat mendeteksi perpindahan jalur secara mendadak.

Interior di dalam box (Foto: KabarOto)

Truk ini diberi warna putih biru muda. Mencerminkan sebuah kendaraan ramah lingkungan. Terpasang box di belakangnya, seperti kendaraan pengangkut barang (cargo). Belum ada keterangan kapan mobil ini akan diperkenalkan secara global.

Sebab Hino baru memajang kendaraan ini di berbagai event otomotif di seluruh dunia. Ini menandakan bahwa pabrikan sangat serius mengurangi gas buang kendaran konvensional, untuk menciptakan udara yang bersih bagi umat manusia.

Selama GIIAS 2022, tak hanya memajang kendaraan, Hino juga kerap menggelar talkshow berkaitan dengan keselamatan berkendara juga membahas mengenai fitur-fitur baru seperti Hino Connect.

Selain itu juga Talkshow menganai bus, Asuransi untuk bus dan truk. Sedikit menjelaskan mengenai insurance, Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI mengatakan, untuk membalas 40 tahun kepercayaan Hino loyal customer, pihaknya terus memberikan layanan Total Support, dengan memberikan extra proteksi melalui Hino Insurance.

Pengecasan baterai di depan (Foto: KabarOto)

Sehingga konsumen tidak perlu repot lagi memikirkan kondisi kendaran mereka. Karena Hino Insurance turut memberikan jaminan layanan perbaikan di authorized workshop serta penggunaan Hino Original Parts.

Baca Juga: Hino Boyong 6 Produk Di GIIAS 2022, Satu Kendaraan Listrik

Hino Insurance juga memberikan pelatihan safety driving secara cuma – cuma, bersama trainer yang bersertifikat. Memberi kemudahaan melakukan klaim, konsumen dapat melapor ke call center 24 jam, dimana ini merupakan layanan quick response karena dilayani oleh personil khusus yang didedikasikan untuk Pelanggan Hino.

Melalui Hino Insurance kendaraan konsumen akan mendapatkan jaminan perbaikan sesuai dengan standar Hino, yang memiliki garansi pengerjaan perbaikan.