POPULAR STORIES

Truk-Truk Listrik Melantai Di GIIAS 2022

Truk-Truk Listrik Melantai di GIIAS 2022 Truk listrik Hino (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Beberapa brand kendaraan komersial mengikuti GIIAS 2022. Tak hanya menampilkan kendaraan bermesin konvensional, tapi juga listrik. Ini sebagai wujud komitmen mereka menghadirkan kendaraan ramah lingkungan, yang menjadi konsen setiap negera, termasuk Indonesia.

Beberapa merek yang membawa truk listrik, di antaranya Isuzu. Melalui Elf EV mereka menampilkan mobil komersial menggunakan baterai sebagai tenaganya.

Baca Juga: Hino Boyong 6 Produk Di GIIAS 2022, Satu Kendaraan Listrik

Belum ada informasi kapan diperkenalkan dan bagaimana spesifikasinya. Namun, Isuzu Elf EV ini pernah dipamerkan dalam ajang Tokyo Auto Show tahun 2019 di Jepang.

Isuzu Elf Ev (Foto: KabarOto)

Kendaraan ini menggunakan teknologi motor listrik, mampu menghasilkan tenaga 150 kW atau setara 200 dk. baterai yang digunakan tipe Lithium-ion, bisa melaju sampai 100 kilometer dalam kondisi penuh.

Hino tak mau ketinggalan. Pabrikan asal Jepang ini juga memboyong truk listrik di GIIAS kali ini. Hino Dutro Z EV, kendaraan ramah lingkungan yang menggunakan baterai Lithium Ion berkapasitas 40 kWh, untuk penyaluran tenaga ke motor listrik.

Belum ada informasi detail mengenai tenaga dan fitur-fitur apa. Yang terlihat jelas adalah di bagian belakang berbentuk box, ruang di dalamnya cukup lega. Dipastikan fungsinya untuk membawa barang.

Fuso eCanter (Foto: KabarOto)

Selanjutnya adalah Fuso eCanter. Truk ini melakukan uji jalan di Bali, digunakan pelaku usaha logistik. Fuso eCanter menggunakan motor listrik berjenis AC Synchronous Electric Motor, mampu menghasilkan tenaga 180 dk dan torsi maksimum 380 Nm.

Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke inverter transmisi otomatis single gear reduction dan diteruskan via kopel ke roda belakang. Selain itu, truk listrik ini memiliki tiga buah radiator yang masing-masing bertugas mendinginkan motor listrik, inverter, dan baterainya.

Baca Juga: Isuzu Tawarkan Layanan Purna Jual Untuk Konsumen

Seluruh pengunjung di GIIAS 2022 ini terkesima melihat kendaraan masa depan ramah lingkungan itu. Tak jarang mereka melihat lebih dekat seakan ingin tahu bagaimana tampilan eksterior dan interiornya.