POPULAR STORIES

UMKM Di Jawa Barat Minta Pajak 0 Persen Untuk Kendaraan Listrik

UMKM di Jawa Barat Minta Pajak 0 Persen untuk Kendaraan Listrik beberaa model Gerobak Listrik

KabarOto.com - Pemerintah terus mendorong masyarakat menggunakan kendaraan listrik. Kendaraan ramah lingkungan bukan hanya digunakan untuk pribadi, tapi juga komersial dan untuk pelaku usaha. Beberapa produsen kendaraan sudah mengembangkan kendaraan listrik dan menyasar segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

PT Solar Panel Indonesia (SPI) yang melihat peluang tersebut, sudah memperoduksi Gerobak Listrik atau Gelis. "UMKM di Jawa Barat cukup besar, sehingga perlu didukung oleh kendaraan yang andal dan efisien," terang Chief Sales & Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia (SPI) Ary Tjahjono. Dealer di Bandung pun dibuka untuk melayani UMKM Jawa Barat.

Baca Juga: 3 Modifikator Bakal Sulap GELIS Tampil Di IMX 2020

Pelaku UMKM pengguna Gelis

Saat ini, Gelis memiliki fasilitas produksi di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Kapasitas produksi ini terus dikembangkan seiring bertumbuhnya permintaan pasar.

Beberapa komponen pembuatan Gelis juga telah diproduksi di dalam negeri, seperti baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali. Beberapa komponen lain, seperti motor listrik, kontroler, gandar, sistem kemudi dan roda, masih diimpor.

PT SPI akan terus menambah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) seiring perkembangan. Kualitas, performa dan durabilitas hasil kerja anak bangsa ini telah ditunjukkan melalui produk tipe pertama, yaitu GELIS 300.

Gelis menggunakan motor elektrik berdaya 800 Watt dengan suplai daya dari baterai tipe VRLA 48v-26AH, GELIS 300 mampu melaju hingga kecepatan maksimum 30 Km/jam dengan jarak tempuh rata-rata 30 Km.

Pembukaan diler Gelis di Jawa Barat

Owner Dealer Gelis Bandung Eko Wardhanawan mengungkapkan, Gelis cocok untuk menopang usaha UMKM. Di Jawa Barat, kawasan seperti Ciamis, Tasikmalaya, Garut, hingga Pangandaran memiliki potensi pasar yang besar. ’’Di Jawa Barat sangat potensial, apalagi kendaraan ini efisien dan tidak membutuhkan maintenance yang rumit," tuturnya.

Baca Juga: Selain Garansi, GELIS Gerobak Listrik Diklaim Punya Suku Cadang Dan Diler Komplet

Eko menambahkan, Gelis dapat digunakan untuk menjalankan aktivitas pelaku UMKM mendukung usahanya. Pihaknya juga sedang menyiapkan skema pembiayaan agar produk Gelis bisa dijangkau oleh kalangan UMKM. Eko juga mengatakan, mereka butuh dukungan pemerintah daerah, agar kendaraan tersebut pajaknya nol seperti di Jakarta.