POPULAR STORIES

Umur Ban Mobil Dan Motor Sampai 10 Tahun, Berikut Penjelasannya

Umur Ban Mobil dan Motor Sampai 10 Tahun, Berikut Penjelasannya Foto: KabarOto

KabarOto.com - Dari hasil bincang-bincang dengan Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia (APBI) pada Rabu kemarin (15/03), umur pakai ban mobil maupun motor ternyata bisa mencapai 10 tahun. Tergantung dari pemakaian dan cara perawatannya, penasaran kan?

Bincang-bincang santai bersama Ignatius Dwi Triono sebagai Ketua Team Tyre Adjusment Commite APBI dan Agus Sarsito sebagai Sekertaris Jendral APBI, di fasilitasi oleh Pusat Penelitian Karet dan Balai Penelitian Teknologi Karet yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat.

Ternyata Pusat Penelitian Karet dan Balai Penelitian Teknologi Karet ini sudah berdiri sejak 1941. Dan kini sudah beranggotakan 7 merek ban terkemuka di Indonesia, tugasnya adalah memberikan pengujian terhadap ban yang akan dijual ke pasar, untuk kemudian memberikan kriteria lolos uji dan layak digunakan.

Baca juga: Dibanderol Mulai Rp 5 Jutaan, HSR Wheel Luncurkan 8 Pelek Baru Bergaya JDM

Pembicara Ignatius Dwi Triono (kanan) dan Agus Sarsito (kiri) dari APBI

Kembali pada umur pakai ban, dari hasil bncang-bincang tersebut seperti membuat anggapan selama ini perihal umur ban. Kita selalu berpatokan umur ban itu paling lama 5 tahun bahkan kurang.

Berdasarkan hasil penelitian The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di Amerika Serikat, menyatakan bahwa ban akan bertahan selama 6 hingga 10 tahun. "Tetapi itu semua tergantung pada penyimpanan dan kondisi lingkungan," ujar Ignatius Dwi Triono.

Penyimpanan ban dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu :

1. Keadaan lingkungan ( Oksigen, Sinar Ultra Violet-UV dan Ozon )

Kondisi tempat terbuka juga bisa membuat u,ur ban berkurang, ini akibat oksigen. Kemudian sinar Ultra Violet (UV), saat ban terkena sinar matahari, karet segera mulai menyerap radiasi UV. Prosesnya sama dengan polimer alami dan sintetik, yang membentuk senyawa karet. Proses kerusakan akibat pengaruh sinar UV disebut foto degradasi.

Terakhir dampak dari ozon, ini adalah sejenis oksigen dengan atom ekstra di dalamnya, yang dapat ditemukan di stratosfer dan troposfer. Keretakan pada ban yang disebabkan oleh benturan ozon jika ban terlalu lama terjemur matahari.

2. Kondisi penyimpanan

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kondisi penyimpanan dan membuat ban Anda bertahan lebih lama:

  • Bersihkan ban sebelum disimpan

  • Jangan terpasang pada kendaraan yang sedang ada beban/muatan

  • Kosongkan angin atau lepas ban dari pelek, karena tekanan angin akan meregangkan bentuk karet dan membuat ban anda lebih cepat tua

  • Bungkus ban dengan kantong plastic kedap udara agar oli dalam ban tidak menguap

  • Jauhkan dari paparan UV, udara lembab dan ozon (suhu maks 31?C)

  • Posisi ditumpuk akan lebih baik untuk menghindari terjadinya deformasi

Baca juga: Simak Lima Kelebihan Ban GT Savero A/T Pro

Dari hasil penjelasan di atas, namun pihak pabrikan ban resmi menyarankan ban hanya 100% aman digunakan hingga usianya mencapai 5-6 tahun.

"Semua itu kembali kepada kepentingan bisnis dan tentu saja keselamatan dan kenyamanan saat berkendara, pihak pabrikan ban hanya menyarankan maksimal 6 tahun pemakaian," pungkas Agus Sarsito.