POPULAR STORIES

Universitas Indonesia Mau Konversi Honda Brio Jadi Listrik?

Universitas Indonesia Mau Konversi Honda Brio Jadi Listrik? Ilustrasi Honda Brio RS (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) dan Universitas Indonesia (UI) menjalin kerjasama dalam bidang edukasi dan riset teknologi elektrifikasi. HPM juga mendonasikan Honda Brio sebagai alat penelitian untuk mahasiswa Teknik Universitas Indonesia.

Selain itu, untuk mewujudan dari kerjasama ini Honda meminjamkan dua unit mobil listrik Honda e, satu unit sepeda motor Honda PCX Electric dan satu unit power product Honda’s LiB-AID E500 untuk mendukung mobilitas dan kegiatan pembelajaran di lingkungan UI.

Honda mendonasikan satu EV charging station yang digunakan untuk mengisi daya baterai Honda e.

Baca Juga: Honda Dan Universitas Indonesia Kerjasama Riset Teknologi Elektrifikasi

Simbolis penyerahan Honda Brio

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Dedi Priadi menjelaskan bahwa, penggunaan kendaraan listrik di kampus memiliki beberapa manfaat pengurangan emisi gas rumah kaca, kualitas udara lebih baik, dan penghematan energi untuk menciptakan kampus ramah lingkungan.

Dedi mengungkapkan, ada kemungkinan untuk mengonversinya menjadi kendaraan listrik.

Baca Juga: HPM Andalkan Honda Brio Untuk Penjualan Di Kuartal Kedua 2023

"Hal tersebut bisa terjadi, karena UI memiliki tim riset yang biasa melakukan pengembangan kendaraan ringan dan ramah lingkungan. Beberapa produknya juga sudah berkompetisi di nasional dan internasional," ungkap Dedi saat ditemui di UI, Senin (26/06/2023).

Dedi menambahkan, ada tim Fakultas Tehnik yang kembangkan, dari grup mahasiswa Supermileage Vehicle Team yang meriset mesin konvensional atau mobil listrik. "Nanti bisa saja manfaatkan Honda Brio menjadi bahan riset. Kami juga ingin tahu ada teknologi apa saja di mobil ini," jelasnya.