POPULAR STORIES

Usai Olimpiade, Suzuka 8 Hours Malah Batal Digelar

Usai Olimpiade, Suzuka 8 Hours Malah Batal Digelar Suzuka 8 Hours 2016

KabarOto.com - Akibat pandemik Covid-19 masih menjadi perhatian khusus di Jepang, membuat gelaran Suzuka 8 Hours Endurance World Championship 2021 tak akan digelar. Sedianya bila Covid-19 mereda, penyelenggara sudah menjadwalkan pada 7 November mendatang.

Hal tersebut disinyalir akibat kembali meningkatnya masyarakat yang menemui gejala Covid-19 di Jepang usai menyelenggarakan Olimpiade 2020 beberapa waktu lalu. Tahun 2020 Suzuka 8 Hours juga sempat dibatalkan akibat masih merebaknya kasus terpapar Covid-19 di Jepang.

Baca juga: Honda Civic Type R Limited Edition Menjadi Mobil Tercepat di Suzuka

Jorge Viegas, Président of the Fédération Internationale de Motocyclisme sangat menyayangkan tak akan digelarnya balap ketahanan di sirkuit Suzuka. "Akibat meningkatnya orang terpapar Covid-19 di Jepang setelah Olimpiade yang berdampak Pemerintah Jepang tak mengizinkan Suzuka 8 Hours digelar sesuai jadwal."



Keputusan tersebut diambil setelah melakukan konsultasi dengan penyelenggara lokal, Mobilityland sebagai organiser Suzuka 8 Hours, FIM (International Motorcycling Federation), dan FIM EWC promoter Eurosport Events.

Sebagai gantinya, Republik Ceko akan menggelar balap ketahanan 8 jam pada 9 Oktober mendatang di sirkuit Most. Akan menjadi pekan yang sibuk karena berbarengan dengan World Touring Car Cup 2021 8-10 Oktober.

Gelaran perdana 8 Hour of Most tersebut akan menjadi final FIM Endurance World Championship dan FIM Endurance World Cup. Poin akan dinaikkan menjadi 150% di setiap kelas, artinya setiap pemenangnya bisa mengantongi nilai 45 poin.



"Kami akan melanjutkan mempersiapkan Suzuka 8 Hours pada 2022 dan membuatnya lebih menarik untuk para penggemar dan semua yang terlibat," yakin Kaoru Tanaka, President Representative Director of Mobilityland Corporation.

Baca juga: Instruktur Safety Riding Honda Indonesia Jadi yang Terbaik di Suzuka, Jepang

François Ribeiro, Head of Eurosport Events telah mengabarkan atas kekecewaan Mobilityland tak bisa menggelar Suzuka 8 Hours. Padahal tim balap, penggemar, sponsor, dan broadcaster menginginkan musim penutup digelar di Suzuka awal November.

"Kami akan tetap di Eropa setelah digelar Bol d’Or untuk balapan 8 jam pada 9 Oktober di sirkuit Most yang baru saja menggelar WSBK. Eurosport Event akan bersama FIM untuk memastikan suksesnya gelaran," tegas Ribeiro.