POPULAR STORIES

Bersaing Ketat Dengan Ferrari, Mobil Prototype Porsche Kuasai 2 Podium Di WEC Imola 2024

Bersaing Ketat dengan Ferrari, Mobil Prototype Porsche Kuasai 2 Podium di WEC Imola 2024 Bersaing Ketat dengan Ferrari, Mobil Prototype Porsche Kuasai 2 Podium di WEC Imola 2024. (Foto: Porsche)

KabarOto.com - Balapan yang berlangsung selama enam jam dimulai pada pukul 13.00 waktu setempat, dalam kondisi yang sejuk dan panas di trek Imola, Italia. Pada lap pertama, beberapa hypercar bertabrakan saat mengerem di tikungan Tamburello, sehingga mengharuskan safety car diturunkan.

Dua mobil Porsche 963 menjadi saingan terberat bagi Ferrari yang menjadi favorit di awal lomba. Laurens Vanthoor dari Belgia dengan cepat melambungkan prototipe hybrid No. 6 dari posisi keempat ke posisi kedua.

Makowiecki Memimpin Porsche Penske di Balapan Kedua

Di mobil kedua, pembalap Prancis Frédéric Makowiecki bertahan di posisi lima besar. Di pertengahan balapan kedua musim ini, kedua kendaraan Porsche Penske Motorsport berada di antara yang terdepan dan berhasil mempertahankan kontak dengan para pemimpin. Pada titik ini, André Lotterer dari Jerman duduk di kemudi kokpit No. 6 dengan Michael Christensen dari Denmark di Porsche No. 5.

Baca Juga: Dijuluki Smart Factory, Apa Saja Fasilitas Pabrik Porsche di Leipzig?

Pergolakan Saat Hujan di Balapan 24 Jam Le Mans

Sekitar pukul 17.00, setelah empat jam balapan, keadaan berubah. Setelah Kévin Estre dari Prancis dan Matt Campbell duduk di dua mobil 963 pada dini hari, hujan turun semakin deras. Estre adalah orang pertama yang beralih ke ban basah dan pembalap Australia itu mengikutinya tak lama kemudian.

Dua Ferrari terdepan menunggu lebih lama untuk mengganti ban basah dan akibatnya kehilangan waktu yang berharga di lintasan yang licin. Mereka turun jauh ke posisi enam dan tujuh di belakang Campbell, yang kemudian fokus untuk menutup jarak dengan BMW No. 20 dan Toyota No. 8. Sementara itu, Estre kembali naik ke posisi kedua, kini berada di belakang Toyota No. 7.

Baca Juga: Porsche Macan all-electric Diharapkan jadi Tulang Punggung Baru di Tingkat Global

“Meskipun tidak memenangkan putaran kedua musim WEC di Imola, balapan ini berlangsung sangat ketat dan merupakan balapan yang luar biasa!” kata Thomas Laudenbach, Vice President Porsche Motorsport. “Kami sedikit kurang cepat saat kering. Kemudian hujan turun dan kami menanggapi dengan sempurna. Pembalap kami melakukan pekerjaan yang sempurna, sementara banyak pembalap lain yang tergelincir keluar lintasan,” tambahnya.

Porsche Dominasi di Grid Balapan Imola

Beralih ke Porsche 963, Mobil No. 38 milik Hertz Team Jota yang dikemudikan oleh mantan juara dunia Formula 1, Jenson Button dari Inggris, rekan senegaranya Phil Hanson, dan pembalap Denmark Oliver Rasmussen memulai balapan dari grid P11.

Mobil yang dikendarai oleh Norman Nato dari Prancis dan dua pembalap Inggris, Callum Ilott dan Will Stevens, berada di urutan ke-14. Proton Racing pensiunkan mobil balap hybrid No. 99 lebih awal satu jam sebelum balapan berakhir.

Porsche 911 GT3 R yang dikendarai oleh tim pelanggan Manthey PureRxcing mengalami awal yang sempurna untuk balapan di Imola: Mulai dari posisi terdepan, Alex Malykhin mempertahankan posisi terdepan dan dengan mudah mempertahankannya dengan kemudi mobilnya.

Baca Juga: 'Dicium' Mitsubishi Xpander di PIK 2 Tangerang, Intip Spesifikasi Porsche 911 GT3

Perjuangan Porsche di Sirkuit Basah

Saat hujan turun empat jam kemudian, pembalap asal Inggris ini dan rekan setimnya, Joel Sturm dari Jerman dan Klaus Bachler dari Austria, tetap memimpin. Keputusan tim untuk sementara waktu menggunakan ban hujan ternyata tidak menguntungkan di kemudian hari. Waktu yang hilang untuk pit stop tambahan membuat pembalap bernomor 92 yang meraih kemenangan di seri pembuka musim ini di Qatar itu turun ke posisi ketiga.

Baca Juga: Brabus Beri Sentuhan Modifikasi pada Porsche Taycan Turbo S

Mobil saudara dari Manthey EMA harus beristirahat selama 30 menit untuk perbaikan setelah mengalami tabrakan pada fase awal. Yasser Shahin dari Australia, Morris Schuring dari Belanda dan pembalap Porsche asal Austria, Richard Lietz, berhasil mencapai finis di posisi ke-16.

Sirkuit de Spa-Francorchamps di Belgia akan menjadi tuan rumah putaran ketiga World Endurance Championship tahun ini pada tanggal 11 Mei 2024. Balapan hari Sabtu di lintasan yang disebut rollercoaster Ardennes ini berlangsung selama enam jam dan dianggap sebagai ujian penting sebelum puncak musim ini, 24 Hours of Le Mans pada pertengahan Juni 2024.

Baca Juga: Porsche Turbo Pamer Koleksi Gaharnya di Retro Classics 2024