POPULAR STORIES

Vaksin Covid-19 Masuk Indonesia, Jasa Marga Lakukan Penyesuaian Tarif Jalan Tol

Vaksin Covid-19 Masuk Indonesia, Jasa Marga Lakukan Penyesuaian Tarif Jalan Tol

KabarOto.com - Terhitung mulai 17 Januari 2021 pukul 00.00 WIB, penyesuaian tarif tol diberlakukan pada enam ruas tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui sejumlah kelompok usahanya.

Keenam ruas tol akan mengalami penyesuaian tarif tersebut adalah Jakarta Outer Ring Road/JORR (E1, E2, E3, W2U, W2S dan Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami), Cikampek-Padalarang (Cipularang), Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi), Semarang Seksi A,B,C, Palimanan-Kanci (Palikanci) dan Surabaya-Gempol (Surgem).

Menurut pihaknya, penyesuaian tarif tol telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017 tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

Baca Juga: Berikut Daftar Penyesuaian Tarif Baru Tol Surabaya-Gempol

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, pada dasarnya, penyesuaian tarif untuk enam ruas tol tersebut merupakan penundaan karena Kepmen PUPR telah ditetapkan sejak tahun 2020.

"Saat ini, dengan harapan pada penanganan pandemik Covid-19 melalui program vaksin, Jasa Marga akan melakukan penyesuaian tarif yang sebenarnya di beberapa ruas tol sudah tertunda berbulan-bulan lamanya,” ujar Heru.

Baca juga: Awal Tahun 2021 Truk ODOL Di Jalan Tol Akan Ditindak Tegas

Berikut adalah daftar tarif baru enam ruas tol Jasa Marga Group yang mengalami penyesuaian tarif mulai 17 Januari 2021 Pukul 00.00 WIB:

Ruas JORR E1, E2, E3, W2U (Sistem Terbuka)

rilis 9a.jpg

Ruas JORR Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami (Sistem Terbuka)

rilis 9b.jpg

Cikampek-Padalarang (Cipularang) (Sistem Tertutup)

rilis 9c.jpg

Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) (Sistem Tertutup)

rilis 9d.jpgPalimanan-Kanci (Palikanci) (Sistem Tertutup)

rilis 9k.jpg

Semarang Seksi A,B,C (Sistem Terbuka)

rilis 9e.jpg

Surabaya Gempol (Sistem Terbuka)

rilis 9f.jpg

Surabaya Gempol (Sistem Tertutup)

rilis 9g.jpg

Surabaya Gempol (Sistem Terbuka)

rilis 9h.jpg