Valentino Rossi Tak Finis Di MotoGP Spanyol 2020, Banyak Alasannya

Valentino Rossi Tak Finis di MotoGP Spanyol 2020, Banyak Alasannya Foto: Yamaha MotoGP

KabarOto.com - Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) tak bisa menyelesaikan balapan MotoGP 2020 di sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (19/7). Dirinya harus menepikan Yamaha YZR-M1 akibat peringatan kedipan merah di motor.

Kendala motor memang menjadi keluhan Rossi semenjak awali sesi latihan hari Jumat. Termasuk kondisi ban Michelin yang ternyata memengaruhinya performa di tampilan pembuka musim MotoGP 2020.

Baca juga: Hasil MotoGP Spanyol 2020: Fabio Quartararo Naik Podium Kemenangan Pertama Kali

Ban belakang jadi kendala saat balapan

"Balapan yang sulit, karena kita terkendala dengan temperatur yang tinggi terutama ban belakang. Sepertinya kita tak bisa membuat ban belakang berfungsi optimal," ujar Rossi.

Sementara mengomentari motor M1 yang tak bisa melesat kencang, Rossi membeberkan kendalanya dan tiba-tiba berhenti di lap 18. "Saat di lintasan lurus mendapati kedipan merah, dan tiba-tiba harus berakhir."

Pembalap bernomor 46 mengatakan hal ini menjadi keanehan yang menjadi kendalanya. Padahal dua motor Yamaha naik podium yakni Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan rekan setim Rossi, Maverick Vinales. Sedangkan Franco Morbidelli rekan Fabio berhasil finis posisi lima.

Baca juga: Benelli Pastikan Motor Baru akan Meluncur di IIMS Motobike 2020

dua pembalap Yamaha berada di podium tertinggi

"Dari satu sisi ini sangat aneh, tapi dari sisi lainnya ini bisa menjadi masukan data dan mencoba lebih baik serta mencari solusinya," kilah Rossi.

Saat di lintasan sepanjang 4.423 meter tersebut, Rossi hanya bisa bukukan kecepatan tertinggi 284,2 kpj. Sementara catatan waktu mengitari sirkuit 1:39,163 detik.