POPULAR STORIES

Valentino Rossi Ternyata Ahli Ban

Valentino Rossi Ternyata Ahli Ban Valentino Rossi. (istimewa)

KabarOto.com - Ini menjadi musim kedua bagi Michelin menyandang status sebagai pemasok utama ban MotoGP. Pada musim 2017, keluhan mengenai produk Michelin lebih sedikit dibandingkan dengan musim lalu.

Peningkatan kualitas produk Michelin memang tak lepas dari para pebalap MotoGP. Dalam beberapa kesempatan, perusahaan yang berbasis di Prancis itu memang kerap meminta para pebalap melakukan tes terkait produk baru mereka.

Baca Juga:

Setelah tes selesai dilakukan, mereka mendengarkan masukan dari para pebalap dan hal itu dijadikan dasar bagi Michelin untuk melakukan pengembangan produk. Nicolas Goubert, mantan bos Michelin dan Direktur Teknik dan Pengawas Program MotoGP, mengungkapkan bahwa Valentino Rossi menjadi yang paling vokal dalam memberikan masukan.

"Ada beberapa pebalap yang bisa memberikan informasi sangat tepat. Sebagian besar pebalap bisa menjelaskan ban belakang dengan baik. Rasanya sangat mudah untuk mengevaluasi ban belakang," kata Goubert, dilansir Motorsport, Kamis (30/11/2017).

"Ada banyak pebalap yang bisa menjelaskan alasan mereka menyukai ban itu atau tidak. Valentino memiliki bakat besar dalam menggambarkan apa yang motor dan ban lakukan. Marc (Marquez) juga sangat baik. Saya tak akan mengatakan bahwa Johann (Zarco) tidak bagus. Kami tak bisa menggunakan pendapatnya karena ia masih belajar," dia menambahkan.

Ya, Valentino memang pebalap paling senior di era MotoGP saat ini. Pebalap berkebangsaan Italia itu berkiprah di MotoGP sejak tahun 2000 dan sudah tujuh kali tampil sebagai juara dunia.