Vettel Kalahkan Hamilton dengan Memanfaatkan VSC

Enrico
Enrico 25 Mar 2018 - 21:13
Vettel Kalahkan Hamilton dengan Memanfaatkan VSC
Vettel Kalahkan Hamilton Dengan Memanfaatkan VSC (Motorsport)

KabarOto.com - Sebastian Vettel dan Ferrari memulai musim Formula 1 2018 dengan kemenangan di GP pembuka musim 2018 di Australia, setelah memanfaatkan Virtual Safety Car untuk menyalip peraih pole dan juara bertahan, Lewis Hamilton.

Seperti tahun lalu, Vettel mengungguli Hamilton pada balapan pembuka musim baru Formula 1. Tapi kali ini tidak hanya berkat strategi, tapi juga memanfaatkan peluang yang muncul setelah diberlakukannya periode Virtual Safety Car di tengah balapan, dilansir Motorsport, Minggu (25/03).

Berikut jalannya perlombaan

Tiga pembalap yang start terdepan berhasil meluncur dengan aman dan menjaga posisi mereka masing-masing. Tapi Kevin Magnussen yang menyodok ke posisi empat, menyalip Max Verstappen dari sisi luar tikungan pertama.

Setelah 3 lap, Hamilton masih memegang keunggulan sekitar 1 detik di depan Raikkonen. Sementara di perebutan posisi keempat, Verstappen mengeluh bannya terlalu panas saat ia bersusah payah mengejar Magnussen.

Pembalap Belanda itu justru melorot ke posisi delapan setelah melintir 360 derajat di tikungan pertama. Setidaknya ia beruntung tidak menabrak dinding pembatas, seperti yang dilakukan Valtteri Bottas pada kualifikasi.

Raikkonen menjadi pembalap unggulan pertama yang melakukan pitstop pada lap ke-18 untuk beralih ke kompon Pirelli soft. Hamilton merespon dengan melakukan hal yang sama pada putaran berikutnya. Vettel bertahan di lintasan dan memimpin jalannya balapan, mencoba memaksimalkan stint-nya dengan kompon ultrasoft.

Saat keluar dari pit dan kembali bergabung ke lintasan, Hamilton masih berada di depan Raikkonen dengan jarak yang semakin lebar, 5 detik.

Drama pitstop Haas

Nasib sial menimpa Magnussen pada lap ke-24. Setelah tampil bagus dan mampu mempertahankan posisinya dari serangan Verstappen di awal-awal balapan, pembalap Denmark itu tersingkir setelah roda kiri belakang miliknya tidak terpasang dengan benar usai pitstop.

Romain Grosjean, Haas F1 Team, kembali ke pit setelah tersingkir (Motorsport)

(Baca Juga :Bottas Gagal Finish, Lewis Hamilton Raih Pole di Kualifikasi GP Australia)

Luar biasanya, hanya berselang 2 lap kemudian, rekan setimnya, Romain Grosjean (yang naik ke posisi empat setelah insiden Magnussen), juga berhenti di tengah trek setelah kru tim Haas lagi-lagi melakukan kesalahan saat pitstop.

Bak jatuh tertimpa tangga, insiden pit yang dialami kedua mobil Haas diinvestigasi oleh FIA karena alasan 'unsafe release'. Periode Virtual Safety Car (VSC) diberlakukan untuk mengevakuasi mobil Grosejan.

Vettel langsung melakukan pitstop pertamanya, dan secara mengejutkan keluar di depan Hamilton yang melaju pelan karena aturan VSC. Beberapa menit kemudian, safety car yang sesungguhnya diterjunkan ke trek, membuat rombongan mobil kembali merapat.

Editor : rio