POPULAR STORIES

Virus Corona Masih Mewabah, Kemenhub Anjurkan Ganti Mudik Pakai Video Call

Virus Corona Masih Mewabah, Kemenhub Anjurkan Ganti Mudik Pakai Video Call

KabarOto.com - Wabah virus Corona (Covid-19) hingga kini masih jadi pandemi global termasuk di Indonesia. Hal tersebut menyebabkan program Mudik Gratis 2020 dibatalkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Tak hanya pembatalan mudik gratis, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, dilansir dari Liputan6 Budi Setiyadi juga mengimbau kepada seluruh pihak agar tak mudik pada Lebaran di 2020.

"Kementerian perhubungan Dirjen Perhubungan Darat, nanti akan bersama-sama dengan Kementerian yang terkait dan kepolisian, mengimbau kepada masyarakat untuk Lebaran di 2020, untuk tidak melaksanakan mudik," tegasnya.

Baca Juga: Akibat Corona, Kemenhub Tidak Menggelar Mudik Gratis Tahun 2020

Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Corona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari – 29 Mei 2020 mendatang.

"Kemudian kita akan melaksanakan silaturahmi hanya dari tempat masing-masing. Kita bisa menggunakan WA (Whatsapp), bisa menggunakan video-call dengan keluarga," ujar Budi Setiyadi.

Menurutnya, dengan mencegah mudik dan tidak berkunjung ke keluarga di daerah-daerah, tentu semua akan mendukung keputusan dari pemerintah bahwa aspek kesehatan, aspek keselamatan masyarakat.

"Kita harus bahu membahu antara pemerintah pusat, pemerintah daerah termasuk masyarakat untuk bersama-sama kompak untuk mencegah penyebaran covid-19 ini," pungkasnya.