POPULAR STORIES

VKTR Gandeng GAS Hadirkan 4 Motor Listrik Tahun 2023

VKTR Gandeng GAS Hadirkan 4 Motor Listrik Tahun 2023 PT VKTR Teknologi Mobilitas serius kembangkan motor listrik di Indonesia

KabarOto.com - PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) semakin serius mengembangkan motor lstrk di Indonesia. Untuk lebih mmpertajam posisinya bermain di industri sepeda motor listrik, VKTR menggandeng PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (GAS), pemiliki kode emiten ("SLIS"), induk usaha PT Juara Bike, produsen kendaraan listrik dengan brand Selis. VKTR akan produksi motor listrik tahun 2023.

Direktur Utama VKTR Gilarsi W. Setijono mengatakan, hadirnya meereka di industri ini, merupakan bagian dari komitmen perusahaan, dalam mendukung pemerintah mewujudkan program net zero emission 2060. "Jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia sangat besar, sangat signifikan untuk mengurangi dampak buruk emisi gas," terangnya, dalam keterangan resmi, Jum'at (23/12/2022).

Baca Juga: Profil Selis E-Max

Mereka sangat mendukung program pemerintah untuk mendorong masyarakat beralih ke sepeda motor listrik. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan kesepakatan yang merupakan bagian dari workshop.

"Dibahas secara rinci terkait konsep sepeda motor listrik, yang akan diproduksi oleh VKTR bersama SLIS," terangnya. Di dalam, meliputi kualitas, beta testing, dan percepatan produksi, dengan target pemenuhan TKDN sesuai yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Penandatangan kerjasama VKTR dan GAS (Foto: VKTR)

Gilarsi menambahkan, pihaknya optimis dengan ditandatanganinya MoU ini, melalui sumberdaya yang dimiliki masing-masing, ke depan akan mampu mendobrak pasar dan menghasilkan produk sepeda motor listrik yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Gilarsi merinci, untuk merancang bangun produk sepeda motor listrik besutannya ini, akan dikerjakan bersama dengan institusi pendidikan tinggi, yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Sedangkan untuk manufaktur, akan menggunakan fasilitas produksi yang dimiliki GAS. ia pun optimis, TKDN tahap awal sudah berada di angka 45? sampai 50?. "Seiring berjalannya waktu, akan terus ditingkatkan hingga 90%," paparnya.

Hal ini telah dibuktikan dengan TKDN yang telah dicapai oleh PT Juara Bike, selaku Anak Perusahaan GAS atas Motor listrik tipe EMAX, dengan nilai TKDN mencapai 53,69%.

Gilarsi menjelaskan, VKTR bersama GAS akan memproduksi sejumlah 4 tipe sepeda motor listrik, yaitu tipe V, K, T dan R. "Persiapan kami sudah matang, termasuk R&D, produksi, pemasaran dan aktivitas after sales-nya," tambah di lagi.

Baca Juga: Profil Selis New Balis, Kendaraan Roda 3 Asyik Dipakai Di Komplek

Ia pun memastikan, pertengahan 2023 akan lahir satu produk sepeda motor listrik. "Bukan sekadar moda transportasi ramah lingkungan roda dua, melainkan lifestyle mobility solution, akan mengubah definisi kenyamanan dengan performa terbaik di kelasnya," kata Gilarsi.