POPULAR STORIES

Volkswagen ID. Buzz Hadir Lebih Panjang

Volkswagen ID. Buzz Hadir Lebih Panjang Foto: Volkswagen

KabarOto.com - Volkswagen of America, Inc. meluncurkan ID Buzz dengan tiga baris tempat duduk di Huntington Beach, California, Amerika Serikat. Microbus ikonik ini akan memiliki sumbu roda yang lebih panjang, sehingga memiliki ruang kabin yang lebih lapang dan lebih banyak penumpang.

Volkswagen ID Buzz dengan jarak sumbu roda lebih panjang (Long Wheel Base/LWB) telah dirancang khusus untuk pasar Amerika Utara pada 2024. Microbus ini lebih panjang daripada kendaraan Eropa dua baris yang memulai debutnya pada tahun 2022, ditambah baterai yang lebih besar dan tenaga kuda yang lebih besar.

"ID emisi nol langsung. Buzz adalah reinkarnasi spiritual dari Microbus, ditata ulang untuk masa depan listrik kita, cara yang sangat menyenangkan yaitu Volkswagen klasik. Dengan peluncurannya, Bus akan sekali lagi menjadi pahlawan merek kami di Amerika," kata Pablo Di Si, Presiden dan CEO Volkswagen of America, Inc.

Baca juga: Volkswagen ID. Buzz Di Mata Para Desainernya

Sama seperti Bus asli, ID Buzz tiga baris memiliki powerplant yang dipasang di belakang sebagai standar, memberikan traksi, performa, dan kelincahan yang luar biasa. Motor belakang menghasilkan tenaga sebesar 282 dk, dibandingkan dengan model spesifikasi Eropa dua baris, yang memulai debutnya dengan 201 dk.

Baterai juga lebih besar sekitar 91 kWh, dibandingkan dengan baterai 82 kWh model dua baris. Desain skateboard yang efisien-dengan baterai yang dipasang di lantai-tidak hanya menghemat ruang, tetapi juga berkontribusi pada pengendalian yang lebih baik dengan menempatkan sebagian besar bobot kendaraan di bawah struktur.

Berpenggeral 4 roda, dilengkapi motor ganda menghasilkan tenaga besar sekitar 330 dk. Seperti semua kendaraan penggerak listrik modular (MEB) saat ini, Buzz menggunakan suspensi belakang multi-link dan struts di bagian depan.

Motor yang dipasang di belakang APP550 yang baru adalah desain PMS (sinkronisasi magnet permanen) dengan torsi maksimum 406 pound-feet, dikemas dengan transmisi satu kecepatan dan inverter baru (elektronik daya dan kontrol).

Peningkatan daya, torsi, dan efisiensi dicapai oleh rotor dengan magnet permanen yang lebih kuat yang memiliki kapasitas beban termal tinggi, stator yang baru dikembangkan dengan jumlah putaran efektif yang lebih besar dan penampang kabel maksimum, jaket pendingin air untuk bagian luar stator, dan sistem pendingin oli dan air gabungan yang juga memastikan stabilitas termal yang lebih tinggi.

Motor listrik baru dari ID. Buzz meningkatkan kecepatan tertinggi hingga 160 kpj yang dibatasi secara elektronik, naik dari 145 kpj pada model dua baris.

Untuk dimensi, ID. Buzz LWB memiliki panjang 4.887 mm, hampir 254 mm lebih panjang dari Buzz dua baris; semua panjang tambahan itu berasal dari jarak sumbu roda 3238,5 mm, lebarnya 1.978 mm dan tinggi 1.895 mm, membuatnya kira-kira selebar Atlas, tetapi lebih tinggi 127 mm.

Logo VW berukuran besar yang ikonik menyala, dengan garis lampu yang memanjang ke kedua sisinya, terhubung ke lampu depan LED. Warna eksterior yang berani, dengan palet warna dua nada yang tersedia, seperti Buzz-Energetic Orange, Pomelo Yellow, Mahi Green, Cabana Blue, Metro Silver, dan Indium Grey, semuanya baru.

Baca juga: Melaju Lebih Jauh VW ID. Buzz Pakai Solar Panel Dari ABT

Pintu belakang dual power-sliding dengan Easy Open and Close memberikan akses yang sangat baik ke baris ketiga dan dilengkapi dengan gaya modern pada jendela geser klasik - juga bertenaga penuh. Buzz juga dilengkapi dengan kaca spion samping lipat dan berpemanas standar, ditambah power tailgate standar dengan Easy Open and Close.

Di kabin, dasbor dilapis aksen kayu-optik yang terinspirasi model retro hingga pedal Play and Pause yang aneh dari konsep BUZZ 2016. Konsol tengah yang dapat dilepas mencakup penyimpanan fleksibel di bagian atas, dengan dua pembagi unik yang berfungsi ganda sebagai pembuka botol dan pengikis es, serta dua kompartemen tambahan di bawah.

Tersedia tiga warna interior dan pilihan trim. Kombinasi coklat tua dan hitam termasuk jok kulit imitasi coklat tua dengan pipa putih, sisipan pintu biru dan dasbor berpenampilan kayu gelap, dipasangkan dengan headliner hitam dan potongan dekorasi. Kombinasi abu-abu muda dan tanah liat memasangkan kursi kulit buatan abu-abu muda dengan pipa berwarna tanah liat, sisipan pintu tanah liat, dasbor berpenampilan kayu muda, dan potongan dekorasi abu-abu muda. Kombinasi terakhir memberikan tampilan modern yang seimbang dengan jok kulit buatan berwarna coklat muda dengan pipa kuning, sisipan pintu abu-abu muda, dan dasbor berpenampilan kayu, dipasangkan dengan warna hitam.

Pencahayaan sekitar dengan 30 warna adalah standar, dan memungkinkan pengemudi untuk memilih dari lima suasana yang telah ditetapkan, atau memilih area yang berbeda satu per satu. Rumah kaca yang terbuka lebar dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan sunroof kaca panoramik yang tersedia dengan pewarnaan elektrokromik, yang berubah dari bening menjadi buram dengan sapuan jari.

Semua model Buzz dilengkapi dengan kursi pengemudi dan penumpang 12 arah standar dengan sandaran tangan ganda, ventilasi, pijat, dan fungsi memori; kursi depan dan kursi baris kedua tempel dipanaskan. Kontrol iklim otomatis Climatronic® standar menjaga kenyamanan kabin di musim apa pun, dan ketiga baris memiliki ventilasi udara khusus.

Baca juga: Hankook Jadi Ban Standar Mobil Listrik Volkswagen ID. Buzz

Tempat duduk untuk tujuh orang adalah standar, dan tersedia captain seat, dengan tempat duduk untuk enam orang. Sistem audio premium Harman Kardon yang tersedia dengan 14 speaker akan memperkuat pengalaman mendengarkan apa pun; sembilan speaker adalah standar.

Teknologi modern di ID. Buzz menawarkan pengalaman yang sepenuhnya terhubung. Di kokpit, pengemudi disuguhkan dua layar: ID berukuran 5,3 inci. Kokpit, yang berada di belakang kemudi dengan informasi kunci, dan layar infotainment sentral berukuran 12,9 inci. Buzz membuatnya lebih mudah untuk menghubungkan perangkat yang kompatibel dengan App-Connect nirkabel standar, pengisian daya nirkabel, ditambah delapan port USB-C di seluruh kendaraan, stopkontak 110V di bawah kursi penumpang, dan pengisian daya 12 volt di area kargo.

Sistem infotainment telah ditingkatkan sejalan dengan sedan ID.7 yang akan datang. Penggeser sentuh untuk volume dan suhu telah menyala. Layar infotainment kini memiliki fungsi iklim yang terintegrasi di bagian bawah layar, memungkinkan akses langsung ke fungsi tersebut.

Teknologi bantuan pengemudi IQ.DRIVE®, menampilkan kemampuan siap pakai Level 2 langsung, merupakan standar dalam ID. Berdengung. Di jalan raya, IQ.DRIVE menghadirkan pemusatan lajur dan roda kemudi kapasitif untuk memudahkan berkendara. Di sekitar kota, IQ.DRIVE membantu mengingatkan Anda akan rintangan di depan Anda, dan mengawasi di sekitar Anda untuk membantu membuat berkendara lebih aman. Tampilan Rambu Jalan Dinamis juga standar, dan tampilan head-up, Park Assist dengan parkir jarak jauh, dan Tampilan Area adalah fitur yang tersedia.