VW Dan Tata Motors Bermitra Untuk Kuasai Pasar Otomotif India

VW dan Tata Motors Bermitra untuk Kuasai Pasar Otomotif India Foto: dnaindia.com

Produsen mobil raksasa asal Wolfsburg, Jerman, Volkswagen (VW) memutuskan untuk bermitra dengan Tata Motors guna memaksimalkan daya bisnisnya di India. Kemitraan tersebut akan dimulai oleh Skoda, salah satu unit bisnis VW, untuk melaksanakan studi terkait pengembangan produk, layanan dan servis.

Kolaborasi ini juga menjadi bagian dari langkah strategis bisnis VW untuk coba menguasai pasar otomotif di negeri bintang film Sahrukh Khan tersebut. Sudah lama sebenarnya VW kepincut untuk merebut pasar otomotif India dari para kompetitornya. Tapi belum berhasil.

Sebelum ini, VW juga pernah melakukan kemitraan Suzuki Motor Corp. Tapi tak berlanjut karena VW terkena dampak skandal emisi pada tahun 2015.

"VW dan Tata Motors sudah sepakat untuk meletakkan strategi untuk melayani kebutuhan konsumen di pasar yang terus berkembang ini," kata CEO VW, Mathias Mueller, belum lama ini.

“Secara formal kesepakatan itu sudah bersama-sama ditandatangani. Tinggal kita umumkan secara resmi. Untuk waktunya kita masih mencari waktu yang tepat,” lanjut Mueller.

Sementara bagi Tata Motors, kerja bareng VW dianggap sebagai peluang emas untuk meningkat daya saing mereka di pasar otomotif global.

"Kolaborasi kami dengan VW akan melahirkan solusi yang baik bagi otomotif India dan pasar global," kata CEO Tata Motors, Guenter Butschek.

"Skoda juga akan menyesuaikan dengan pasar di India. Karena itu kami yakin kerja sama ini akan mendatangkan keuntungan bersama, baik kami di Tata Motors maupun Skoda di pihak VW,” demikian Butschek.