POPULAR STORIES

Wabah Virus Corona Meluas, Pabrikan Motor Kebakaran Jenggot

Wabah Virus Corona Meluas, Pabrikan Motor Kebakaran Jenggot Fasilitas produksi Yamaha

KabarOto.com - Virus Corona yang mewabah di seluruh dunia berimbas kepada sektor otomotif. Tidak hanya pabrikan mobil, produsen motor juga terpaksa harus menghentikan produksinya untuk sementara waktu. Hal tersebut dilakukan Ducati, Yamaha, dan juga KTM.

Pabrikan yang didominasi warna jingga yakni KTM harus menutup sementara pabriknya yang berada di Mattighofen, Austria. Fasilitas perakitan tersebut merupakan yang terbesar di Eropa karena membawahi banyak merek KTM Group.

Pemberhentian dilakukan selama dua minggu tepatnya mulai 30 Maret hingga 10 April 2020. Hal tersebut, sesuai dengan anjuran mengantisipasi penyebaran Corona yang semakin meluas. Selain itu, penutupan pabrik ini juga karena terganggunya suplai komponen dari Italia.

Baca Juga: Tidak Menutup Pabrik, Ini Cara Kymco Cegah Virus Corona Di Indonesia

Tak hanya KTM, pabrikan motor gede Ducati juga harus menghentikan produksi motornya di pabrik Borgo Panigale. Namun, produksi akan kembali dilanjutkan beberapa pekan kemudian. Selain pabrikan motor asal Eropa, Yamaha juga harus menghentikan produksi pabriknya yang berada di Italia dan Prancis.

Mengutip siaran pers resmi dari Yamaha Eropa, pabrikan berlambang Garpu Tala tersebut harus menghentikan produksi di pabrik mesin Motori Minarelli di Calderara di Reno, Italia dan pabrik perakitan MBK Industrie di Saint-Quentin, Prancis.

Kedua fasilitas ditutup hingga 22 Maret, setelah itu situasinya akan ditinjau setiap pekan. Keputusan untuk sementara menutup kedua fasilitas itu dibuat untuk kesejahteraan dan ketenangan tenaga kerja di Italia dan Prancis, kedua negara di mana social distance merupakan keutamaan strategi pemerintah memerangi penyebaran Covid-19.