POPULAR STORIES

Waduh! Regulasi Fairing MotoGP Akan Diperketat Musim Depan

Waduh! Regulasi Fairing MotoGP Akan Diperketat Musim Depan Waduh! Regulasi Fairing MotoGP Akan Diperketat Musim Depan (Foto: Istimewa)

KabarOto.com- Komisi balap MotoGP secara resmi mengumumkan serangkaian peraturan baru yang jauh lebih ketat mengenai penggunaan fairing aerodinamika untuk kejuaraan MotoGP musim 2019 mendatang.

Sejak larangan winglet di terapkan pada akhir musim 2016 lalu, pabrikan MotoGP telah bereksperimen dengan desain bodywork yang lebih rumit dalam upaya untuk meniru efek downforce yang meningkat dari hilangnya winglet.

Saat ini, tim-tim di MotoGP hanya diperbolehkan menggunakan dua desain fairing yang berbeda per musim, yakni versi ‘standar’ yang harus di homologasikan sebelum awal musim, dan ‘evolusi’ yang dapat diperkenalkan pada setiap tahap sesudahnya. Para rider bebas memilih untuk menggunakan salah satu diantara dua desain tersebut.

Namun beberapa tim pabrikan, terutama Ducati telah memasukkan desain baru dengan beberapa bagian yang dapat ditambahkan dan dihapus untuk memenuhi persyaratan aerodinamis di trek yang berbeda.

Baca Juga: Disalahkan oleh Valentino Rossi, Ini Jawaban Dovizioso

Menurut pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh MotoGP setelah pertemuan Grand Prix Commission akhir pekan lalu di Assen, praktek ini akan dilarang pada 2019 mendatang.

"Panduan desain Aero-body sudah dirilis oleh Direktur Teknik, di mana dimensi aero-bodi baru dan pembatasan pada kombinasi bagian aero-bodi yang berbeda, juga sudah diterbitkan," demikian rilis resmi MotoGP, yang dikutip dari Motorsport.com , Rabu (04/07).

Dari pernyataan tersebut dapat ditarik kesempulan, jika desain yang ada saat ini akan tetap diizinkan, tetapi tidak diperbolehkan untuk menghapus atau menukar bagian aerodinamis secara signifikan.

Baca Juga: Vinales Senang Bisa Kembali Naik Podium

Selain aturan fairing aerodinamis yang diperketat, masalah elektronik khususnya peraturan mengenai platform inersia terpadu juga diperketat.

MotoGP yang telah mengadopsi Control ECU [Electronics Control Unit] untuk musim 2016, akan memperketat peraturan untuk menekan praktek curang dari tim yang menggunakan platform inersial untuk memberi makan data ECU yang berbeda tentang apa yang dilakukan motor dan mendapatkan keuntungan potensial.