POPULAR STORIES

Wah! Ternyata Mobil Serbaguna AMMDes Ada Versi Elektriknya

Wah! Ternyata Mobil Serbaguna AMMDes Ada Versi Elektriknya e-AMMDes (KO/Edo)

KabarOto.com - PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) turut memeriahkan pameran perdana kendaraan listrik di Tanah Air, Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, dengan memajang produk andalannya, AMMDes KMW.

Menariknya, bila AMMDes selama ini kita kenal menggunakan mesin diesel, unit yang dipajang pada pameran kali ini ternyata memiliki tenaga listrik. "Mobil ini memang masih protipe, dan baru pertama kali muncul di hadapan publik memang di pameran IEMS ini," ujar Didit dari PT KMWI.

Baca Juga: Test Drive BMW I8 Coupe, Sebuah Sport Car Yang Nikmat!

Dari segi penampilan, sekilas mobil mungil serbaguna tersebut memang tak ada perbedaan dari versi mesin konvensionalnya. Namun bila melihat dengan detail, terdapat stiker bertuliskan e-AMMDes di bagian depan dan pintunya.

Menggunakan motor listrik sebagai penggerak

Bila pandangan bergeser kebagian samping kiri, terlihat jelas pada e-AMMDes terdapat sebuah panel listrik, yang berguna untuk melakukan pengisian baterai. "Bila terisi penuh, mobil ini sanggup menempuh jarak antara 20-25 km," jelas Didit.

Girbox manual 3 percepatan

Lebih lanjut pria berkacatama itu mengatakan, bahwa butuh waktu hingga 6 jam untuk dapat mengisi penuh baterai e-AMMDes tersebut. "Baterainya kita gunakan sebanyak 6 buah. Masing-masing berkapasitas 12 volt, jadi total nya 72 volt," kata Didit kepada KabarOto.

Soket untuk melakukan pengisian baterai

Sumber tenaga dari baterai tersebut, lantas disalurkan ke motor listrik induksi berkekuatan 7.3 kW. Uniknya, penyaluran tenaga pada e-AMMDes ini masih menggunakan transmisi manual 3 percepatan.

Baca Juga: Angkutan Massal Di Ibu Kota Baru, Bakal Menggunakan Tenaga Listrik

"Penggeraknya menggunakan roda belakang, dan masih pakai girbox manual," kata Didit. Mengenai harga, karena masih berstatus konsep, Didit belum bisa mengungkap berapa harga dari e-AMMDes ini.

Menggunakan flat deck untuk mengangkut barang

Namun bila melihat harga AMMDes bermesin diesel tipe basic dijual seharga Rp 70 juta, kemungkinan versi elektriknya ini akan memiliki banderol lebih tinggi.

"Pastinya akan lebih mahal (dari versi mesin konvensional) namun pastinya belum tahu," tutur Didit. KabarOto pun berkesempatan menjajal e-AMMDes ini, penasaran seperti apa rasanya? simak terus di KabarOto.com!