POPULAR STORIES

Waspada Pasang Start/Stop Engine Variasi, Begini Penjelasannya

Waspada Pasang Start/Stop Engine Variasi, Begini Penjelasannya Dok : KabarOto.com

KabarOto.com - Variasi mobil zaman sekarang memang sangat menarik, bahkan fitur seperti start/stop engine bisa di dapat dengan harga terjangkau. Tapi jangan salah, pasalnya pemasangan aksesori seperti itu sejatinya tidak direkomendasikan loh.

“Zaman sekarang ada yang jual variasi dari aslinya tidak keyless jadi keyless pakai start/stop engine button. Memang terlihat keren, namun menurut saya itu lebih berbahaya,” jelas Raymond Lie selaku pemilik Komandan Key.

Baca juga: Begini Cara Menyalakan Mobil Saat Keyless Habis Baterai

Model kunci fisik di mobil Toyota Kijang Kapul 1997.

Dijelaskan kalau aksesori keyless itu bisa berbahaya. “Karena alat itu mengakali immobilize-nya dengan meninggalkan kunci di dalam mobil. Jadi starternya itu dibuat posisi standby terus,” papar pria ramah itu.

Kunci keyless pabrikan.

Karena bila mobil yang memiliki start/stop dari bawaan pabrik, itu punya sensor di dalam mobil sehingga saat kunci ada di dalam mobil, maka sensor membaca dan mobil bisa dinyalakan. Namun kalau kunci di luar maka mobil tidak dapat dinyalakan.

Baca juga: Duplikasi Kunci Mobil? Komandan Key Spesialisnya

“Tapi kalau aksesori ini, mau kunci dibawa kemanapun mobil tetap bisa di starter tanpa kunci. Sebab kunci sudah berada dalam kondisi siap menyala. Dengan begini pastinya tidak aman dan mobil lebih mudah dicuri,” tutupnya.