POPULAR STORIES

Waspada Penularan Covid-19, Kota Bandung Wacanakan Penerapan Cek Poin Lagi

Waspada Penularan Covid-19, Kota Bandung Wacanakan Penerapan Cek Poin Lagi

KabarOto.com - Kota Bandung kini telah beralih dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Menurut hasil evaluasi dan kajiang Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19, Jawa Barat menunjukkan urgensi memberlakukan kembali cek poin di perbatasan Kota Bandung.

Pemberlakukan kembali cek poin seperti saat PSBB dilakukan untuk menjaga agar tetap terkendali dari pandemik. Terkait hal tersebut, pemerintah akan berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Bandung.

Baca Juga: Terapkan AKB, Arus Lalu Lintas Meningkat, 304.000 Kendaraan Masuk Kota Bandung

"Hasil dari evaluasi pengamatan gugus tugas di lapangan, Pak Sekda (Ema Sumarna) mengusulkan kepada saya untuk memberlakukan lagi cek poin. Tentu saya harus koordinasi lagi dengan Forkompimda," ujar Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

Saat ini Kota Bandung sudah berada di zona biru, sedangkan kota dan kabupaten di sekitarnya masih zona kuning. Hal ini dianggap sebagai potensi penularan dari wilayah zona sekitarnya.

"Potensi penularan itu lebih tinggi oleh tetangga kita. Karena pergerakan mobilitas menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, E.M. Ricky Gustiadi.

Baca Juga: Kota Bandung Terapkan AKB, Ojol Dan Ojek Pangkalan Bisa Beroperasi Lagi

Jika cek poin kembali dilakukan, rencananya titik pengecekan hanya akan ditempatkan di batas-batas kota saja. Kebijakan tersebut akan didiskusikan dengan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Kota Bandung.

"Jadi cek poin di ring dua dan ring tiga itu dianggap efektif," tambahnya.