Waspada Serangan Microsleep Saat Berkendara, Begini Cara Mencegahnya!

Waspada Serangan Microsleep saat Berkendara, Begini Cara Mencegahnya! Foto : istimewa

KabarOto.com – Artis Vanessa Angel dan suaminya meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan di Tol Jombang arah Surabaya Km 672. Penyebab dari kecelakaan ini, diduga pengemudi dalam keadaan mengantuk.

Dalam kecelakaan tersebut, Vanessa Angel dan keluarganya menggunakan Mitsubishi Pajero Sport berwarna putih, dan mengalami kerusakan sangat parah.

Menurut beberapa sumber, kecelakaan tersebut terjadi di KM 673. Diketahui, korban berangkat dari Jakarta. Pada saat kejadian, mobil yan ditumpangi menabrak pembatas jalan di KM. 673+300/ A ruas tol Jomol. Setelah menabrak pembatas jalan, mobil yang ditumpangi Vanessa Angel terpelanting.

Baca Juga : Vanessa Angel Meninggal Karena Kecelakaan, Ini Mobil Yang Digunakan

Selain dalam keadaan lelah dan mengantuk, bahaya lain saat mengendarai mobil adalah terserang microsleep. Perlu diketahui, microsleep bisa terjadi pada orang yang sehat dan bugar, serta dalam mata terbuka. Karena microsleep merupakan kondisi di mana otak tidak terstimulus. Sama halnya dengan melamun yang merupakan ciri-ciri terserang microsleep.

Menurut Chief Instructor of Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan berkendara merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi, selain itu pengemudi harus memiliki keahliah multi-tasking.

"Biasanya microsleep menyerang orang-orang yang sudah terbiasa melalui suatu jalan secara terus menerus,” ungkap Jusri.

Baca Juga : Jalan Tol Di Indonesia Ternyata Tak Aman Untuk Kecepatan Tinggi

Untuk menghindari serangan microsleep, pengemudi bisa melakukan sesuatu agar otak tetap bekerja seperti berpikir. Jadi ajak otak untuk tetap memahami sekeliling ketika berkendara, agar bisa memahami apa yang dilihat serta akan dilakukan ketika di jalanan.

Cara lainnya adalah menggerakan pupil mata. Seperti cek kaca spion kanan-kiri serta depan-belakang bisa membantu otak untuk tetap bekerja dan fokus. Jadi, bagi Sobat KabarOto jangan salah kaprah ketika bosan saat perjalanan panjang malah selalu mengonsumsi kopi, bisa jadi penyebabnya adalah bosan di rute yang sama.