POPULAR STORIES

Williams Meninjau Pemasok Mesin Baru Musim 2026

Williams Meninjau Pemasok Mesin Baru Musim 2026 Foto : F1

KabarOto.com - Williams nampaknya telah meninjau ulang untuk mencari pemasok mesin baru saat regulasi 2026. Saat ini tim asal Inggris itu dipasok oleh Mercedes.

Jika sesuai dengan regulasi, setiap pemasok hanya boleh menyuplai sebanyak tiga tim, termasuk tim sendiri bila ada. Sementara sekarang Mercedes sudah memasok empat tim, yaitu Mercedes AMG Petronas, Aston Martin, McLaren dan Williams.

Baca juga: Pameran Formula 1 Pertama Di Dunia Dibuka Di Spanyol

Jika melihat pemasok mesin pada 2026, Williams punya beberapa pilihan termasuk Honda, Renault atau Audi. Kepala tim Williams, James Vowles menegaskan bahwa Williams tidak terikat dengan Mercedes.

"Kami masih dalam proses memastikan semua opsi yang tersedia saat ini. Saya pikir diskusi sedang berlangsung, tapi tidak, kami tidak terkunci di Mercedes, dan kami masih dalam proses peninjauan," ujar Vowles.

Namun jika melihat beberapa dekade sebelumnya, Williams dan Honda sempat bekerja sama dari 1983 hingga 1987, serta pada masa itu mereka berhasil meraih juara dunia pembalap, dengan Nelson Piquet pada 1987, dan juara konstruktor pada 1986 dan 1987.

Baca juga: Tidak Ada Lowongan Di Red Bull Racing Untuk Lewis Hamilton

Tetapi untuk sekarang Vowles masih belum yakin dengan fasilitas yang Honda miliki saat ini.

"Sulit berkomentar, karena saya tidak yakin dengan fasilitas-fasilitas yang mereka miliki. Menurut saya, mereka masih sedikit tertinggal dari yang dibutuhkan untuk menjadi penantang serius pada 2026," tuturnya.