Wiper Mati Saat Musim Hujan, Coba Perbaiki Dengan Cara Ini

Wiper Mati Saat Musim Hujan, Coba Perbaiki Dengan Cara Ini Wiper adalah bagian yang penting pada sebuah mobil (foto: istimewa)

Wiper adalah bagian yang penting pada sebuah mobil. Apalagi saat kondisi hujan, wiper sangat diperlukan kinerjanya. Jika wiper rusak atau tidak bisa berfungsi, maka perjalanan anda akan terganggu jalanan tidak akan terlihat sehingga dapat membahayakn diri anda dan penumpangnya. Nah jika bro and sis mengalami kerusakan pada wiper mobil misalkan macet atau mati, langkah ini yang harus anda lakukan.


Sistem kelistrikan yang pertama harus anda cek atau sikring yang ada di wiper.

Jika bagian kelistrikan aman dan tidak bermasalah maka anda harus memeriksa bagian motor penggerak pada wiper. Biasanya kerusakan wiper itu pada motor penggerak yang mungkin tersangkut debu atau kotoran.

Cek kabel-kabelnya terutama kabel yang menghubungkan sekring (kabel di rumah sekring) biasanya kabel sudah mengeras, sebaiknya ganti dengan kabel baru agar arus yang mengalirinya normal.

switch wipernya yang rusak, segera ganti atau bila mungkin bisa diperbaiki sendiri dengan membongkar switch yang ada pada setir mobilnya. Biasanya ada bekas solder yang lepas atau terbakar,

Cek Dinamo Wiper, biasanya rawan terbakar, jika mengalami hal ini harus segera dibawa ke tukang dinamo.

Baca Juga: