Wow! Ternyata Volkswagen Di Balik Kesuksesan Merek Ternama Ini

Wow! Ternyata Volkswagen di Balik Kesuksesan Merek Ternama Ini

KabarOto.com - Besarnya merek-merek yang ada di dunia ternyata tak lepas dari peran kendaraan yang mereka miliki pada awal karirnya. Salah satunya Domino's Pizza merek makanan cepat saji yang didirikan Tom dan James Monaghan tahun 1960.

Awalnya, dua bersaudara ini membeli toko yang bernama DomiNick seharga $ 900 kala itu. Sebelum membuka toko, mereka diberi pelajaran 15 menit membuat pizza dari pemilik aslinya. Mereka masih menggunakan nama tersebut pada awal pembukaannya.

Baca Juga: Berbulu Dan Memiliki Kuping, VW Beetle Ini Tampil Menggemaskan

Selama tahun pertama berusaha membesarkan, mereka membuat serta mengantar Pizza gunakan Volkswagen Beetle 1959. James menjual bagian pizzerianya dengan imbalan VW Beetle.

Setelah mengalami kesuksesan, dua bersaudara memutuskan untuk mengganti nama tokonya menjadi Domino's Pizza. Bukan serta merta, penggantian nama dilakukan karena Tom mengetahui bahwa ia tidak bisa membuat franchise dengan nama pemilik aslinya. Kemudian, Domino's Pizza Inc menjadi PT di Bursa Efek New York.

Sampai saat ini keberadaan kendaraan delivery Domino yang pertama tidak diketahui, namun replika VW Beetle dipamerkan di kantor pusat Domino sebagai pengingat awal perusahaan dibangun.

Tak hanya makanan, hal serupa juga dilalui oleh merek Nike. Awalnya mereka dikenal sebagai Blue Ribbon Sport (BRS) yang didirikan oleh Bill Bowerman dan Phil Knight.

Baca Juga: Ini Bengkel Rekomendasi Berbiaya Murah Khusus Audi Dan VW

Didirikan tahun 1964 mereka menjual sepatu olahraga untuk pelari. Memiliki produk spesifik yang diarahkan ke sebagian atlet, BRS menjadi yang pertama dalam menumbuhkan komunitas pelari. Walau kecil, orang-orang di dalamnya begitu antusias.

Toko ritel pertama dibuka Januari 1967 di Santa Monica, California. Ternyata karyawan pertama BRS memiliki peran penting dalam pengelolaan toko. Jeff Johnson mengendarai kendaraan pribadinya, bus Volkswagen type 2 untuk menjual dan mengirimkan produknya ke pelari lokal.

Akhirnya tahun 1972, BRS berganti nama menjadi Nike dan meluncurkan lini sepatu pertama mereka.