POPULAR STORIES

Wuling Bakal Bangun Fasilitas 100 Pengisi Daya Mobil Listrik Di Indonesia

Wuling Bakal Bangun Fasilitas 100 Pengisi Daya Mobil Listrik di Indonesia Wuling Binguo EV (Foto: Kabaroto/Wuling)

KabarOto.com - Wuling Motors menjadi salah satu pabrikan mobil di Indonesia yang serius menghadirkan mobil listrik. Hingga saat ini, pabrikan mobil Tiongkok telah meluncurkan dua model mobil listrik.

Dan, untuk memperluas jaringan pengisian daya kendaraan listrik dengan fasilitas fast charging, Wuling menjalin kerja sama dengan tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PLN Icon Plus, Bank Mandiri, dan Telkomsel.

Arif Pramadana selaku Vice President Wuling Motors menjelaskan bahwa segmen kendaraan listrik kini telah meraih 2% market share di pasar otomotif Tanah Air, sementara secara global telah mencapai angka 10%. Bahkan di Tiongkok sendiri, sudah mencapai 35%.

Baca Juga: Harga Wuling Binguo EV Belum Termasuk Insentif Mobil Listrik

"Hal ini menandakan bahwa era mobilitas ramah lingkungan sudah tiba dan kini semakin banyak masyarakat global menikmati solusi transportasi yang nyaman, efisien, dan rendah emisi,” jelas Arif.

Penandatanganan Wuling Motors dengan tiga perusahaan BUMN

Komitmen Wuling dalam elektrifikasi kendaraan diwujudkan dengan memproduksi dua lini kendaraan listrik sekaligus, yakni Air ev dan BinguoEV secara lokal di pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Keduanya pun mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia dengan Air ev yang mencatatkan lebih dari 13.000 unit penjualan sejak peluncurannya pada Agustus 2022, serta capaian angka pemesanan lebih dari 3.000 SPK yang ditorehkan Binguo EV sejak penampilan perdananya pada pertengahan bulan November lalu.

Baca Juga: Wuling Binguo Ev Resmi Dibanderol Mulai Rp 358 Juta

Kendaraan listrik Wuling mengusung konsep easy home charging yang pengisian dayanya bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Namun, Wuling berencana menghadirkan fasilitas pengisian daya cepat dengan format IEC BB sebanyak 100 titik di berbagai wilayah Indonesia pada 2024 melalui kerja sama dengan EVPower.

Dalam kemitraan ini, PLN Icon Plus berperan dalam meningkatkan jaringan infrastruktur pengisian daya publik dan menghadirkan solusi pengisian daya di rumah. Sedangkan, Bank Mandiri menyediakan solusi pembiayaan ESG (Environmental, Social, and Governance)

Dengan Telkomsel bekerja sama dalam memberikan pengalaman berkendara dengan konektivitas lebih bagi para pelanggan serta menghadirkan solusi bagi Wuling sebagai produsen kendaraan listrik.