POPULAR STORIES

Wuling New Cortez Jadi Pilihan Mudik

Wuling New Cortez Jadi Pilihan Mudik New Wuling Cortez (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Pilihan kendaraan keluarga kini cukup beragam di Indonesia. Dahulu Multi Purpose Vehicle (MPV) adalah benar sejatinya kendaraan yang bisa memuat banyak 6-7 orang. Tapi seiring trend, MPV tak sekadar sebagai sarana memindahkan orang, namun kini sudah diberikan berbagai fitur pintar penunjang kenyamanan dan kepraktisan serta teknologi keselamatan, agar penumpang bisa tetap nyaman, tak jenuh selama perjalanan dan merasa tenang.

Jelang mudik lebaran, kendaraan tipe MPV menjadi pilihan tepat untuk digunakan sebagai moda transportasi. Wuling Motors, yang menggadang MPV dan paling agresif menghadirkan kenyamanan tersebut di Wuling New Cortez. Pada bulan Maret lalu mobil ini mendapat penyegaran dan menarik untuk disimak apa saja kebaruan penunjang saat dibawa perjalanan jauh atau mudik.

Baca juga: Wuling Almaz RS Pamerkan ADAS di IIMS Hybrid 2022

Dimensi dan Kabin
Dikemas dengan panjang 4.780 mm, lebar 1.816 mm, dan tinggi 1.755 mm. Adapun untuk jarak sumburoda didapati 2.750 mm. Bila melihat dimensinya, sangat cocok untuk dilajukan ke luar kota, karena kabinnya pasti sangat lega untuk penempatan barang bawaan. Begitu juga bagasi bisa menyediakan 274 liter, memungkinkan dua koper bagasi besar masuk di sana.

Oh iya, dikemasnya captain seat di baris kedua membuat lebih nyaman selama perjalanan, ada seat tray yang bisa digunakan untuk meletakkan barang atau bersantap ketika masih terjebak kemacetan. Seluruh jok baru semi-kulit berwarna hitam, membuat penampilannya kian mewah.

Semburan penyejuk kabin meluas hingga ke baris ketiga. Sumber energi untuk pengisian baterai ponsel juga sudah tersedia hingga penumpang paling belakang. Sehingga penumpang bisa menikmati perjalanan tanpa jenuh sambil menikmati gadgetnya.

Laci penempatan barang juga berlimpah mulai dari cup holder, bottle holder sudah disediakan hingga ke seluruh sudut.

Akses duduk dan turun dari baris ketiga dimudahkan dengan jok baris kedua yang mudah terlipat, tapi andai anak-anak bisa langsung lewat dari tengah captain seat. Tak akan terasa sempit di sana, sebab plafon Cortez sudah tersemat sunroof. Memungkinkan penumpang bisa mendapat udara segar saat lewati pegunungan atau menikmati kilau bintang saat malam cerah.

Fitur pendukung keselamatan lainnya adalah Dual SRS airbag yang disematkan di depan dan samping, kemudian ada seat belt reminder untuk semua penumpang termasuk ke baris ketiga.

Performa Mesin dan Transmisi
New Cortez gunakan mesin empat silinder DOHC, 1.500cc, DVVT disokong turbocharger. Adapun tenaganya di atas kertas mencapai 140 dk pada 5.200 rpm dan torsinya 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm. Performa yang impresif ini disalurkan ke roda depan gunakan Continuously Variable Transmission (CVT).

Wuling memastikan konsumsi bahan bakar tetap efisien meski menggunakan transmisi CVT. Diklaim bahwa laju New Cortez lebih senyap, tanpa ada sentakan berarti berbanding menggunakan transmisi manual.

Penggunaan pelek 16 dengan profil ban 205/55 R16 menjadikan redaman ke permukaan aspal kian baik. Selain itu lebih percaya diri saat lewati permukaan jalan yang tak rata.

Lintas daerah yang penuh kewaspadaan lalu lintas, di balik pelek New Cortez sudah memakai sistem pengereman cakram di empat rodanya.

Infotainment
New Cortez sematkan layar sentuh 10,25 inci di tengah dasbor sebagai pendukung informasi kendaraan dan juga untuk hiburan. Bisa menampilkan navigasi ketika dikoneksikan dengan Smart Phone. Lebih canggih lagi, New Cortez yang kini diusung sebagai Smart MPV oleh Wuling sudah disematkan inovasi pintar Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV).

Yup, kedua fitur canggih tersebut sebelumnya sudah diaplikasikan di Wuling Almaz. Melalui WIND memungkinkan melakukan perintah suara "Halo Wuling" untuk mefungsikan buka tutup jendela samping, sunroof, embusan angin kabin, radio, menanyakan hari hingga jam.

IoV melalui aplikasi My Wuling+ di ponsel, para pengguna New Cortez tak kesulitan memulai aktivitas harian. Mulai dari memanaskan mesin yang bisa dijadwalkan apabila kendaraan jarang digunakan. Mendinginkan kabin juga bisa, sehingga saat masuk ke mobil langsung terasa nyaman. Fitur ini bisa diaktifkan saat mobil terkunci.

Baca juga: New Wuling Cortez Curi Perhatian Pengunjung IIMS Hybrid 2022

Melalui aplikasi ini juga memudahkan pengendara mencari posisi kendaraan ketika terparkir. MPV ini juga sudah terdapat geo-fencing security yang memastikan pergerakan kendaraan bisa terpantau bila digunakan oleh orang lain.

Produk terbaru ini ditawarkan dalam dua varian, yakni New Cortez CE dan New Cortez EX serta diniagakan dengan special launch price mulai dari Rp273,8 jutaan dan Rp310.650.000 (dengan subsidi PPnBM Wuling).