POPULAR STORIES

Yamaha Gunakan Part Aluminium Sebagai Solusi Bantu Ramah Lingkungan

Yamaha Gunakan Part Aluminium Sebagai Solusi Bantu Ramah Lingkungan Yamaha Gunakan Part Aluminium Sebagai Solusi Bantu Ramah Lingkungan (Kipli/ Yamaha)

KabarOto.com - Penggunaan bahan ramah lingkungan sejalan dengan program Environmental Plan Yamaha Motor Group 2050, yang bertujuan untuk mencapai netralitas karbon di seluruh aktivitas bisnis Yamaha, termasuk seluruh rantai pasokan pada tahun 2050.

Untuk mencapai tujuan ini, Yamaha berusaha untuk beralih ke 100% penggunaan sumber daya yang berkelanjutan, dengan secara aktif mengadopsi dan menggunakan lebih banyak bahan ramah lingkungan dan daur ulang.

Yamaha memperkenalkan dua contoh upaya ini melalui aluminium dan plastik polipropilen (PP) daur ulang yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Siapkan Motor Sobat, Maxi Yamaha Day Ride & Camp Digelar Di 11 Kota Indonesia

Aluminium dianggap salah satu bahan baku terpenting dalam pembuatan sepeda motor dan suku cadangnya, dan menyumbang sekitar 12% hingga 31% dari total berat kendaraan (berdasarkan riset internal Yamaha Motor pada tahun 2022).

Proporsi ini jauh lebih tinggi daripada kendaraan lainnya. Jadi menurutnya pengadopsian bahan ramah lingkungan dan bahan daur ulang untuk sepeda motor adalah salah satu pendekatan yang sangat efektif untuk mengurangi emisi CO?, mulai dari bagian pembuatan bahan mentah pada proses produksi sepeda motor.

Sejak saat itu, penggunaan bahan daur ulang secara bertahap meningkat hingga saat ini mencakup sekitar 80% aluminium yang digunakan diseluruh perusahaan. Namun, dari segi kekuatan dan desain bodi, masih ada bagian yang tidak bisa diganti dengan bahan daur ulang.

Baca Juga: Yamaha Kembali Dirikan Kelas Khusus Teknik Untuk Para Pelajar

Untuk melengkapi aluminium daur ulang yang sudah digunakan, Yamaha memutuskan untuk fokus pada aluminium ramah lingkungan, yang disempurnakan menggunakan sumber energi terbarukan untuk menghasilkan lebih sedikit CO? dalam pembuatannya.

Pada Februari 2023, Yamaha Motor menjadi pabrikan pertama yang menggunakan material tersebut pada sepeda motor untuk Negara Jepang. Langkah pertama adalah dengan menggunakan aluminium ramah lingkungan, untuk bagian-bagian tertentu dari sepeda motor ber-CC besar dan motor untuk kompetisi off-road, sebelum memperluas jumlah model yang menggunakan bahan tersebut di masa mendatang sesuai volume pasokan yang tersedia.