POPULAR STORIES

Yamaha MT-09 Lansiran 2021, Seperti Ini Ubahannya!

Yamaha MT-09 Lansiran 2021, Seperti Ini Ubahannya! Sumber Foto : Yamaha USA

Kabaroto.com – Pabrikan Motor asal Jepang, Yamaha, baru saja meluncurkan Yamaha MT-09 teranyar dengan tampilan yang membuatnya lebih gahar.

Dari penampakan, lampu depannya kini model bulat sekilas mirip dari desain MT-03. Namun, berukuran lebih besar. Lampunya sendiri sudah proyektor LED yang diapit oleh DRL LED berbentuk garis membingkai pod lampu utama.

Baca Juga : Peluncuran Mandalika Racing Team Ditunda, Ternyata Ini Masalahnya

Melihat sisi samping, kini tangki ditempatkan lebih tinggi di sasis yang memperlihatkan rangka berwarna gelap. Komponen lain juga didesain ulang termasuk rangka alumunium, rangka radiator, lengan ayun dan pelat pelindung kaki. Begitu juga dengan sistem pembuangannya model underbelly.

Pelek model palang ganda berukuran 17 inci dibalut ban ukuran 120/70 untuk depan dan belakang 180/55. Kabarnya pelek lebih ringan 700 gram dari pendahulunya. Dan, penggunaan suspensi berdiameter 41 mm, preload adjuster lansiran KYB bisa bermain 130 mm. Dan, monoshock untuk redaman roda belakang, dapat disesuaikan selera penunggangnya berkat jarak main 122 mm.

Rem depan andalkan rem cakram ganda berukuran 298 mm dan satu cakram belakang ukuran 245 mm, tentunya sudah disokong ABS di depan dan belakang, ya Sob.

Dimensinya juga alami ubahan, MT-09 kini memiliki jarak sumbu roda lebih pendek 56,3 inci yang sebelumnya 56,7 inci. Berkat postur berubah, membuat bobot motor ini lebih ringan dengan total 189 kg alias lebih ringan 3,6 kg.

Bicara soal performa, MT-09 anyar ini memiliki revisi mesin kapasitas lebih besar dan lebih bertenaga dengan mesin 3 silinder berkapasitas 889 cc yang sebelumnya 847 cc. Mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga 117 dk pada 10.000 rpm dengan torsi 93 Nm pada 7.000 rpm.

Warna Tech Black

Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi manual enam percepatan dengan multiplate assist dan slipper clutch dan sudah Quickshifter. Peningkatan kapasitas mesin dan tenaga ini berkat langkah kerjanya lebih panjang yaitu 62,1 mm. Dan mesin ini sudah menemuhi standar Euro 5.

Selain itu, motor ini mendapatkan fitur Yamaha Chip Controlled Throtthle (YCC-T) dan Accelerator Position Sensor Grip (APSG) mirip kepunyaan Yamaha R1 namun sudah disesuaikan lagi untuk MT-09.

Baca Juga : BMW R 18 Classic, Menikmati Legenda Dan Teknologi

Yamaha klaim, MT-09 terbaru ini merupakan motor sport naked pertama yang memiliki fitur IMU 6-axis. Berksinambungan ke Traction Control System (TCS), Slide Control System (SCS), dan LIFt Control System (LIF) agar ban depan tak terangkat serta ada Brake Control (BC). Di bagian instrumen kluster sudah full TFT display berukuran 3,5 inci yang dapat menampilkan beberapa informasi.

Yamaha MT-09 2021 ini hadir dalam 3 pilihan warna yaitu Storm Fluo, Icon Blue dan Tech Black. Bicara soal harga, di Amerika Serikat dibanderol US$9.399 atau setara Rp 138 jutaan.