POPULAR STORIES

Yamaha YZR-M1 Dinilai Belum Bisa Berikan Perlawanan

Yamaha YZR-M1 Dinilai Belum Bisa Berikan Perlawanan Yamaha YZR-M1 di MotoGP 2023 (Foto: MotoGP)

KabarOto.com - Meski sudah mengikuti keinginan pembalap, namun Yamaha YZR-M1 yang digunakan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli ini masih belum bisa memberikan perlawanan maksimal di setiap seri MotoGP 2023.

Yamaha YZR-M1 dinilai kurang bertenaga. Kritikan pun datang, bukan hanya dari kedua ridersnya, penggemar Yamaha Monster Energy pun kerap bereaksi terhadap hasil yang diraih tim berlambang garpu tala ini, khususnya tahun 2023.

Baca Juga: Fabio Quartararo Akan Menggunakan Setelan YZR-M1 2021

Mulai seri pertama sampai kelima Quartararo tak pernah terlihat di barisan depan, apalagi naik podium. Beberapa kali ia mengalami kesulitan pada sesi kualifikasi, sehingga tak mendapat pole position.

Fabio Quartararo menggunakan Yamaha YZR-M1 (Foto: MotoGP)

Managing Director Yamaha Lin Jarvis, pun menjelaskan masalah yang terjadi pada motor ini. “Sulit menemukan penjelasan untuk situasi ini, ada banyak hal yang harus dianalisis. Kami memiliki masalah dengan mesin, kami memiliki kinerja yang sama selama 3 tahun,” jelas Lin Jarvis.

Motor Yamaha yang bersaing di MotoGP menggunakan mesin konfigurasi 4-silinder segaris. Ini disinyalir menjadi penyebabnya. Namun menurut Jarvis, itu bukan masalah utama.
“Pendapat saya, sekarang mesinnya bukan masalah. Berkonsentrasi penuh pada mesin, kami lupa memperbaiki bagian lain dari motor, seperti sasis dan aerodinamika," tambahnya.

Masalah sudah diperbaiki, tetap saja tidak mengubah keadaan. Yamaha pun diakui oleh dia tertinggal dari pabrikan lain, seperti Ducati dan KTM, yang sudah membuat kemajuan teknis luar biasa.

Baca Juga: Jika Yamaha Tak Berkembang, Quartararo Akan Pindah Ke Pabrikan Lain

Ducati dan Red Bull KTM menurut Jarvis sudah membuat paket lengkap, bekerja dengan baik, mesin bertenaga dan sasis serta aerodinamis berfungsi dengan baik. "KTM telah membuat langkah besar sejak uji coba musim dingin,” tuturnya.