POPULAR STORIES

Yanmar Akan Gunakan Mesin Toyota Mirai

Yanmar akan Gunakan Mesin Toyota Mirai

KabarOto.com – Perkembangan zaman telah mengubah cara pandang setiap pabrikan agar emisi dari mesin yang mereka buat bisa diminimalisir agar tidak mencemari alam. Oleh karena itu sumber energi alternatif selain BBM sudah mulai diterapkan misalnya listrik dan hidrogen.

Hal ini memicu Yanmar selaku produsen mesin diesel dari Jepang, untuk mulai mengembangkan sebuah mesin ramah lingkungan berbahan bakar hidrogen pada kapal. Dalam merealisasikannya, Yanmar turut melakukan kerja sama dengan Toyota yang sudah berpengalaman ketika membuat mesin Toyota Mirai.

Nantinya Toyota akan memasok mesin dari Mirai, untuk diuji coba sebagai protipe demi memperlihatkan potensi perkembangan teknologi kelautan, dan dapat mulai didemokan pada akhir 2020 mendatang. Sebelum akhirnya masuk ke tahap produksi dan dipasarkan.

Baca Juga : Mitsubishi Outlander PHEV Black Edition, Jagoan Baru Di Jepang

Sejak awal kemunculannya pada 2014, Mirai sendiri telah menarik perhatian para calon konsumen. Terbukti pada Desember 2019, tercatat penjualan global mencapai 10.250 unit. Pasar terlaris adalah Amerika Serikat dengan 6.200 unit, Jepang dengan 3.500 dan Eropa dengan 640.

Baca Juga : Mobil Listrik Paling Murah Diantar Langsung Ke Rumah

Toyota Mirai menggunakan mesin 4JM fuel cell menggunakan baterai NiMH 1,6 kWh, memiliki tenaga cukup besar yakni 154 dk dan torsi maksimal 335 Nm. Dalam keadaan penuh, mobil ini mampu menempuh jarak 650 – 700 km. Dan kecepatan maksimal mencapai 175 kpj.